Mengenal Standar Ukuran Kertas F4 dalam Inci

Bagi sebagian orang, mendengar nama kertas F4 mungkin agak asing di telinga. Karena masyarakat di indonesia lebih sering menyebut istilah kertas F4 dengan kertas folio. Kertas F4 menjadi salah satu kertas yang sering digunakan di dalam dunia percetakan. Kertas ini digunakan untuk berbagai macam kegunaan mulai dari menjadi kertas untuk soal ujian, membuat surat, buku, skripsi, pembuatan pengumuman dan masih banyak lagi. Jika dulunya kamu hanya mengenal kertas ini dengan nama kertas folio, jadi kamu sudah tahu kan jika kertas f4 dan kertas folio itu sama saja. Lalu, berapa sebenarnya ukuran kertas F4? Itulah yang akan dibahas lengkap pada artikel kali ini.

Ukuran Kertas F4 dalam Inci Menurut ISO

Suatu kertas pada dasarnya akan diukur menggunakan panjang dan lebar. Dan satuan dasarnya adalah mm seperti yang sudah ditetapkan oleh ISO atau International Organization for Standardization. Tapi ukuran kertas masih bisa dikonversikan lagi ke ukuran lain yaitu menggunakan satuan inci dan cm. Ukuran standar suatu kertas baik di Indonesia maupun negara-negara di luar negeri sama saja. Tapi perlu kamu ketahui, jika sebenarnya ukuran kertas dngan jenis F itu sangat banyak. Dari kertas F0 sampai F10 dengan ukuran yang berbeda-beda. Dan cara penghitungannya pun sangatlah sederhana. Untuk ukuran kertas F dari 0 adalah membagi dua dari kertas yang sebelumnya. Jadi misalnya kertas F4 ukurannya setengah dari kertas F3. Begitu halnya dengan ukuran kertas F4 dalam satuan inci tentu akan dua kali lipat lebih besar dibandingkan kertas F5. Jadi kamu bisa menghitung sendiri nanti ukuran kertas jenis f ini.

Setelah itu, kamu bisa membandingkan kertas ukuran F4 ke dalam satuan inci. Perlu diketahui, kertas F4 atau kertas folio memiliki ukuran 8,27 in x 12,99 in. Yang artinya, lebar kertas F4 ini adalah 8,27 inci sedangkan untuk panjangnya 12,99 inci. Tapi terkadang, panjang kertas ini dibulatkan menjadi 13 inci. Jika kamu ingin mengukurnyake dalam satuan yang lain, tinggal hitung sendiri saja secara manual dengan menggunakan rumus 1 inci=2,54cm dan 1 cm=10mm. Jadi apabila kamu ingin menjadikan satuan inci ke dalam ukuran cs, maka ukuran kertas F4 ini adalah 21cm x 33 cm sementara jika diukur dalam satuan milimeter maka kertas ini berukuran 210mm x 330mm.

Mengenal Ukuran Kertas F4 yang Ada di Negara Lain

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika kertas F4 ini sudah diatur dan disahkan oleh lembaga ISO atau International Organization for Standardization yang artinya ukuran kertas yang ada di satu negara dengan negara yang lain tidak begitu jauh berbeda. Terutama pada ukuran kertas F4 ini antara satu negara dengan yang lain sama saja. Tapi beberapa negara memang ada yang sedikit berbeda pada saat mendefinisikan kertas ini. Karena sebagian negara memberikan ukuran kertas F4 sebesar 215 mm x 330 mm. Tapi meskipun begitu, tidak begitu ada perbedaan yang mencolok karena perbedaannya hanya beberpa mm saja dari standar yang sudah ditetapkan ISO. Jadi bisa disimpulkan bahwsanya ukuran kertas F4 dalam satuan mm adalah 210mm x 330mm. Yang apabila dikonversikan ke satuan inci maka kertas F4 ini menjadi 8,27 x 12,99 inci. Dan beberapa orang ada yang membulatkannya menjadi 8,27 inci x 13 inci. Meski ada beberapa negara yang menetapkan ukuran berbeda, tetapi secara standar internasional, ukuran kertas F4 tetaplah sama.