Tips Lulus STIS Dengan Mudah

STIS adalah singkatan dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. Yakni merupakan sekolah perguruan tinggi kedinasan Diploma IV yang berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik sejak tahun 1958. Lembaga ini memberikan peluang kepada lulusan sekolah menengah umum khususnya di jurusan IPA untuk dibina menjadi ahli statistik. Ingin tahu tips lulus STIS? Temukan jawabannya di bawah ini!

STIS berperan untuk menyebarluaskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang komputasi statistik dan ilmu statistik. Dengan cara mendidik para peserta yang memiliki kemampuan akademik dan profesional. Secara umum STIS terbagi menjadi dua jurusan yakni statistika terdiri atasĀ  ekonomi dan sosial kependudukan serta jurusan Komputasi Statistik yakni menghasilkan sistem informasi dan komputasi.

Deretan Tips Lulus STIS

Sebelum memulai sesuatu, hendaknya terlebih dahulu berdoa kepada Tuhan agar segala urusan lancar. Termasuk kala ingin menempuh jenjang pendidikan di STIS. Tidak hanya itu ketahui juga beberapa tips bermanfaat berikut ini:

Persiapkan Niat dan Mental yang Kuat

Hal paling penting adalah niat seseorang. Bagaimanapun keinginan yang kuat akan mendorong seseorang menjadi lebih baik, lebih fokus dan lebih jernih berpikir. Jangan pernah goyah untuk mencapai sesuatu. Fokus akan tujuan awal menjadi alumni STIS dan mendapatkan pekerjaan yang baik.

Mencari Informasi Mengenai STIS

Cara ampuh yang bisa kamu lakukan yang pertama adalah mencari informasi sebanyak mungkin tentang STIS. Apapun informasi yang kamu dapat pasti dapat membantu nantinya. Informasi ini dapat kamu peroleh dari internet atau melalui grub di media social. Berbagai pengetahuan ini bisa menjadi acuan untuk menghadapi seleksi tes STIS.

Mengenali dan Memahami Berbagai Jenis Tahapan Tes

Mengenali berbagai tahapan tes merupakan faktor yang cukup penting. Dimana dengan ini, kamu bisa memprediksi apa saja yang akan dijadikan tes dan seleksi apa saja yang harus dilewati. Adapun tes yang biasanya dilakukan antara lain. Tes tertulis Bahasa Inggris dan Matematika, Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang terbagi menjadi 3 tes yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) serta Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Kemudian ada juga Tes Kesehatan dan Tes Psikotes.

Mempersiapkan Kesehatan Fisik

Kesehatan fisik merupakan faktor yang tidak kalah penting. Tahap ini juga sebagai penentu yang akan membawa kamu dalam kesuksesannya di STIS. Sebab pihak panitia wajib melakukan tes seleksi kesehatan kepada semua peserta didik. Baik tes kesehatan luar dan dalam.

Hal ini untuk memastikan bahwa peserta didik sehat secara mental dan fisiknya. Juga sebagai bentuk menghasilkan para kader yang unggul dan berkualitas. Oleh karenanya, persiapkan diri dengan menjaga kesehatan dan kebugaran. Rajin olahraga dan menjalankan pola hidup sehat. Yakni dengan makan makanan sehat, tidak minum alkohol atau merokok.

Mempelajari Materi Soal

Persiapkan diri secara matang dengan berbagai materi soal yang mungkin keluar pada saat seleksi. Pelajari juga kumpulan soal STIS yang diberikan pada tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya itu, pelajari juga soal saat SBMPTN, sebab soal yang akan keluar diperkirakan tidak jauh berbeda.

Untuk lebih mudah mempelajari materi soal tes masuk, di sarankan kamu ikut program BIMBEL STIS. Sehingga dalam proses belajar dan memahami materi soal menjadi lebih mudah dan ada yang mengarahkan untuk cara teknik mengerjakan yang cepat dan tepat.

Kesempatan untuk menjadi alumni STIS masih sangat terbuka. Semua orang berpeluang menjadi sukses dengan jalan menempuh pendidikan di lembaga pendidikan kedinasan. Hal yang juga menarik bagi para pelajar adalah. Setelah lulus, para alumni tidak harus bingung mencari kerja. Karena telah tersedia instansi yang siap mempekerjakan mereka. Itulah sekilas mengenai tips lulus STIS. Semoga bermanfaat.