Terkenal Sulit Begini 5 Tips Belajar Grammar Bahasa Inggris

 

Grammar sangat penting untuk dipahami. Dengan grammar yang baik, kalimat yang anda buat akan lebih mudah dipahami oleh lawan bicara. Selain itu grammar sangat penting saat menulis sebuah teks bahasa inggris. Sayangnya hingga saat ini grammar masih menjadi materi yang paling sulit dikuasai. Yuk simak 5 tips belajar grammar bahasa inggris sebagai berikut.

Tips Mudah Kuasai Grammar Dalam Bahasa Inggris

  1. Mulai Dari Hal Dasar

Akan lebih mudah untuk belajar apabila anda telah menguasai konsep dasar. Hal tersebut juga berlaku untuk grammar. Pada dasarnya dalam grammar terdapat delapan komponen yang harus dipahami. Komponen tersebut dikenal dengan nama part of speech. Ketika anda sudah paham delapan bagian grammar tersebut, semuanya bisa dipahami dengan lebih mudah.

Kuasai betul hal dasar tersebut, sehingga nantinya konsep yang lebih dalam dapat diterima dengan baik. Belajar dari dasar akan membuat pondasi pengetahuan lebih kuat. Nantinya berbagai struktur grammar yang rumit dapat anda cerna dengan cepat. Setelah anda paham konsep barulah bisa melangkah ke materi selanjutnya.

  1. Perbanyak Baca Buku Bahasa Inggris

Ketika belajar percakapan harus banyak berlatih ucap sedangkan berlatih grammar harus banyak membaca teks. Saat ini banyak sekali referensi buku yang bisa anda beli. Mulai dari novel hingga ensiklopedia semuanya tersedia dalam bahasa inggris. Pilih saja buku yang anda sukai. Dengan begitu anda akan tertarik untuk membacanya.

Penting juga untuk memilih buku yang memiliki susunan grammar yang baik. Jangan asal pilih karena ditakutkan malah menyesatkan. Gunakan buku yang penerbitnya memang dari luarĀ  negeri. Langkah ini dilakukan agar susunan bahasa yang ada di dalamnya memang sesuai dengan ketentuan grammar yang baik dan benar.

  1. Pahami Struktur Bahasa Inggris

Tips belajar grammar bahasa inggris yang selanjutnya adalah dengan mencoba memahami struktur grammar. Lakukan hal tersebut secara perlahan. Untuk masalah rumus anda dapat menemukannya di internet. Bahkan berbagai video pembelajaran telah tersedia dan dapat anda akses dengan mudah.

Mulailah untuk belajar dari tenses yang paling banyak digunakan. Sejauh ini secara keseluruhan terdapat 16 jenis tenses dalam grammar. Terdapat formula atau struktur yang bisa membantu anda memahami cara menyusun kalimat dengan baik dan benar. Perhatikan betul strukturnya karena terdapat pola yang bisa dijadikan patokan.

  1. Diskusi Dengan Teman Yang Lebih Pandai

Setelah anda berusaha tetapi masih kurang paham, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan teman. Diskusi bisa menjadi jalan terbaik agar anda lebih mudah ketika belajar. Bingung yang dipendam malah akan membuat anda kesulitan untuk maju ke materi yang selanjutnya. Bisa saja pertanyaan tersebut membuat anda semakin sulit belajar.

Meskipun mungkin tidak ada pertanyaan, coba saja sharing dengan teman yang lebih paham. Minta mereka untuk mengoreksi bagaimana struktur kalimat yang telah anda buat. Bisa saja pemahaman anda selama ini salah. Kritik dan saran darinya bisa membantu anda berbenah agar kemampuan grammar ikut meningkat.

  1. Banyak Praktek

Sama seperti belajar percakapan, sangat penting untuk berlatih. Coba kerjakan soal soal yang terkait dengan susunan kalimat. Selain itu coba buatlah sebuah cerita singkat dengan tenses yang baik dan benar. Langkah ini menjadi tips jitu ketika anda hendak belajar grammar bahasa inggris. Berlatih akan membuat semua ilmu lebih mudah diserap.

Grammar menjadi bagian yang tidak boleh dilupakan ketika hendak belajar bahasa inggris. Tidak heran apabila banyak lembaga les yang menyediakan program khusus grammar bagi para peserta didiknya. Selama anda mempraktekkan tips yang telah disebutkan sebelumnya, kemampuan grammar akan mengalami peningkatan.