Tempat Wisata Favorit di Jateng, Rugi Kalau Tidak Mampir

Apakah Anda sedang merencanakan liburan di Jawa Tengah dan sudahkah Anda menentukan objek wisata mana yang akan dikunjungi? Jika  belum, informasi seputar tempat wisata favorit di Jateng berikut ini bisa membantu, mulai dari destinasi wisata alam hingga sejarah dan budaya.

Mencari Tempat Wisata Favorit di Jateng? Ini Pilihannya

Liburan adalah kesempatan yang sangat baik untuk menyegarkan tubuh dan pikiran, juga menambah wawasan. Jadi, jangan sia-siakan waktu liburan Anda. Sempatkan untuk datang ke 10 tempat berikut ini karena Anda akan menyesal jika melewatkannya.

Lawang Sewu Semarang

Bangunan kuno yang namanya memiliki arti “Pintu Seribu” menjadi salah satu ikon Kota Semarang. Gedung yang merupakan peninggalan Belanda ini dikenal angker, tetapi sesungguhnya sarat dengan nilai sejarah. Desain gedung dengan jendela-jendela besar ini bisa menjadi spot foto yang instagramable.

Brown Canyon Semarang

Masih di kawasan Semarang, Anda yang ingin menyaksikan pemandangan taman batu dengan warna merah kecokelatan nan eksotis bisa datang ke Brown Canyon. Lokasi ini merupakan bekas galian bukit, tetapi kemudian menjadi objek wisata favorit warga Jateng karena disebut-sebut mirip dengan Grand Canyon di Amerika.

Keraton Surakarta Hadiningrat

Bergeser ke Solo, ada Keraton Surakarta Hadiningrat yang menjadi objek wisata wajib di kota ini. Atmosfer budaya Jawa yang kental akan menyambut Anda begitu memasuki area keraton. Anda pun akan terkagum-kagum melihat arsitektur bangunan keraton nan indah serta menyaksikan pertunjukan seni tradisional.

Candi Borobudur Magelang

Tak mungkin membahas tempat wisata favorit di Jateng tanpa menyebut Candi Borobudur. Berdiri di tengah area perbukitan hijau dengan udara yang dingin, bangunan candi ini tampak megah dan anggun. Jangan lupa untuk mendaki hingga ke puncaknya.

Banyak yang menganggap candi ini terletak di Yogjakarta karena memang terletak di perbatasan antara Jateng dan Yogyakarta. Tidak heran jika banyak rental mobil Jogja dekat Malioboro yang menawarkan sewa kendaraan untuk berwisata ke Borobudur.

Punthuk Setumbu Magelang

Selepas dari Borobudur, mampirlah ke Punthuk Setumbu yang tidak jauh letaknya. Objek wisata ini berupa perbukitan yang termasuk Pegunungan Menoreh dengan ketinggian 400 mdpl sehingga dari sini, Anda bisa menyaksikan pemandangan Candi Borobudur berselimut kabut yang eksotis atau matahari terbit yang memukau.

Gunung Merbabu Boyolali

Tempat ini cocok untuk pendaki pemula karena medannya tidak terlalu sulit. Mendakilah hingga ke Puncak Kenteng Songo yang merupakan puncak tertinggi gunung ini dan nikmati panoramanya yang memesona. Anda juga bisa menjelajahi padang sabana atau mengagumi Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing di kejauhan.

Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara-Wonosobo

Rugi sekali jika Anda jalan-jalan ke Jateng, tetapi tidak mampir ke objek wisata yang satu ini. Siapa pun yang pernah mengunjunginya tidak akan menyangkal bahwa pemandangan di tempat ini sungguh luar biasa. Ada puncak, kawah, dan telaga yang akan membuat lidah Anda tak berhenti berdecak kagum.

Pantai Karang Bolong Kebumen

Sesuai namanya, pantai ini memiliki keunikan berupa karang berlubang yang terdapat di pesisir pantainya. Selain itu, ada juga Gua Pasir, Gua Karangduwur, dan Gua Karang Bolong yang merupakan sarang burung walet yang bisa Anda susuri.

Kepulauan Karimunjawa Jepara

Yang satu ini pasti menjadi tempat wisata favorit di Jateng bagi para petualang bawah laut. Keindahan tempat ini sudah terkenal sampai ke mancanegara. Air yang jernih dan biota laut yang beragam menciptakan surga kecil bawah laut yang bisa Anda nikmati sepuasnya dengan ber-snorkeling atau diving.

Telaga Sunyi Purwokerto

Anda seorang introver yang tidak menyukai keramaian? Tempat ini menjadi lokasi yang sangat cocok untuk Anda. Dengan lokasi yang terpencil serta suasana hening dan sejuk, Anda pasti tidak akan keberatan untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh demi mendapatkan ketenangan.

Mengingat statusnya sebagai tempat wisata favorit di Jateng, objek-objek wisata di atas biasanya lebih ramai saat akhir pekan. Jadi, pertimbangkan untuk datang di hari kerja jika memungkinkan.