18 Tempat Wisata Di Kebumen Hits Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Pulau Jawa memang tak pernah gagal untuk menghibur wisatawan, karena ada banyak destinasi yang bisa dituju. Seperti Kebumen yang termasuk surga tersembunyi di Jawa Tengah dan terkenal dengan pantai pantainya yang menawan. Namun selain pantai, anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Kebumen paling hits dan sayang dilewatkan.

Destinasi Wisata Kebumen Yang Tidak Boleh Dilewatkan

  1. Brujul Adventure Park

Sebelumnya Brujul Adventure Park atau BAP merupakan lokasi berkemah yang begitu kondang di kalangan masyarakat. Seperti bumi perkemahan lainnya, anda akan menemukan hutan pinus dan menikmati suasana yang menyenangkan. Dan yang membuatnya makin menarik adalah kehadiran curug dan gua yang melengkapi anda berpetualang.

Dibuka sekitar tahun 2107, BAP semakin banyak dilirik oleh wisatawan. Mengingat sudah ditambahkan dengan wahana modern yang mengundang perhatian. Mulai dari sepeda layang, panahan sampai dengan flying fox. Pengunjung yang datang juga bisa sekalian berburu foto instagramable. Fasilitasnya juga sudah memadai, bisa menemukan gazebo untuk istirahat.

  1. Bukit Pentulu Indah

Melihat pemandangan dari atas ketinggian memang tak pernah gagal membuat siapapun terkesan. Di Kebumen anda bisa menemukan Bukit Pentulu Indah yang menawarkan pesona luar biasa. Cocok untuk anda yang ingin menikmati megahnya gunung Sindoro dan Sumbing tapi tak bisa hiking. Trekking ke Bukit Pentulu Indah adalah alternatif yang mengasyikkan.

Perlu anda tahu jika Bukit cantik ini juga merupakan bagian dari Cagar Alam Nasional Geogologi Karangsambung. Sehingga anda sudah bisa membayangkan bagaimana asri dan alaminya. Dari total 20 hektar, sekitar 5 hektar yang bisa anda jelajahi. Daya tarik utamanya adalah panorama matahari terbit yang menawan. Anda juga bisa bersantai ataupun berkemah di sini.

  1. Benteng Van De Wijck

Selain menawarkan pemandangan alam, Kebumen juga memilki jejak sejarah yang menarik untuk anda kunjungi. Seperti Benteng Van De Wijck yang merupakan peninggalan Hindia Belanda. Dibangun sekitar abad 19 sampai saat ini masih berdiri dengan kokoh. Termasuk wisata terbaru dan belakangan menjadi hits untuk dijadikan sebagai lokasi mengambil foto.

Apalagi pengelola juga menambahkan beberapa spot untuk wisata misalnya taman bermain anak. Dimana di taman ini anda bisa menemukan perahu angsa, kincir putra dan juga mobil mobilan. Berkunjung bersama dengan keluarga bukanlah ide yang buruk. Selain bisa liburan juga bisa menambah informasi terkait sejarah, apalagi Benteng ini juga mudah untuk ditempuh.

  1. Waduk Sempor

Kebumen menjadi daerah yang dekat dengan pantai, sehingga udaranya cenderung membuat gerah. Maka dari itu berkunjung ke tempat sejuk adalah pilihan yang tepat. Seperti misalnya mengunjungi Waduk Sempor yang juga menawarkan panorama indah. Dimana pengunjung bisa menikmati megahnya panorama matahari terbit.

Air waduk yang tenang dengan latar belakang berupa bukit bukit kecil akan membuat siapapun ingin berlama lama. Ada banyak pohon pinus yang tumbuh subur menambah pesonanya. Kehadiran waduk ini tidak hanya untuk wisata tetapi juga mengairi sawah penduduk. Anda juga bisa sekalian berburu foto foto kekinian di waduk indah ini.

  1. Bukit Langit

Melanjutkan perjalanan anda di Kebumen, anda bisa menjadikan Bukit Langit sebagai pilihan. Seperti namanya, tempat wisata di Kebumen ini akan memberikan panorama layaknya di atas langit. Jika beruntung, hamparan awan terbentang di depan mata anda. berada di ketinggian 360 mdpl, udara yang ditawarkan juga sangat sejuk dan asri.

Dari bukit ini, anda juga bisa melihat megahnya Pegunungan Serayun Selatan, Perbukitan Padureksa dan Bukit Condong lebih jelas. Sepanjang mata memandang, hamparan hijau sangat menyejukkan mata. Kebanyakan yang datang adalah mereka yang senang mengambil foto. Ada banyak spot foto cantik yang bisa anda jadikan tempat mengambil potret kekinian.

  1. Gua Petruk

Kebumen memang memiliki banyak destinasi yang akan membuat liburan anda semakin berkesan. Seperti Gua Petruk uang termasuk gua alami yang banyak dikunjungi wisatawan. Memang dari semua goa yang ada, Gua ini menjadi yang paling dijaga keasliannya. Pengelola bahkan memutuskan untuk menggunakan penerangan di dalam goa.

Dinamakan dengan Goa Petruk karena stalaktit dan juga syalagmitnya memiliki bentuk mirip dengan hidung dari wayang Petruk. Jika anda ingin menjelajah ke dalam goa alami ini, maka anda harus membawa headlamp serta helm khusus. Di dalamnya banyak genangan air juga, sehingga ada baiknya anda menyiapkan diri. Perjalanan ini menantang adrenalin dan tak akan terlupakan.

  1. Kebun Bunga Ambal

Ingin berburu foto foto kekinian, maka anda bisa singgah di Kebun Bunga Ambal. Destinasi wisata hits di Kebumen ini juga tak pernah sepi pengunjung. Terutama ketika bunga mataharinya sedang bermekaran. Memang daya tarik utama adalah kebun bunga mataharinya yang cantik. Sangat pas dijadikan lokasi mengambil foto dengan outft favorit.

Memang Kebun Bunga Ambal masih belum sebesar Kebun lainnya. Berawal menjadi lokasi pembibitan tanaman, saat ini justru banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pengelola juga terus mengembangkannya dengan menambah fasilitas dan spot untuk berfoto. Tenang saja, anda tidak hanya akan menemukan bunga matahari saja, ada jenis bunga lainnya yang tak kalah cantik.

  1. Bukit Hood

Bukit satu ini berbeda dengan bukit bukit sebelumnya, karena panorama yang ditawarkan berupa hamparan pantai. Bukit Hood atau yang juga dikenal Hud atau Uhud ini terletak di ketinggian 150 mdpl. Dari ketinggian ini, panorama menakjubkan pesisir Selatan Pulau Jawa bisa anda lihat. Garis pantai panjang dan sebagian lainnya kawasan hijau yang cantik.

Seakan akan anda sedang berada di negeri dongeng saking indahnya. Warga lokal juga berinisiatif untuk memberikan spot menarik seperti anjungan. Garis pantai dari anjungan ini tentu akan terlihat lebih jelas. Dekat dengan Pantai Karangbolong, untuk menuju lokasi tidaklah sulit. pastikan anda membawa kamera terbaik anda untuk mengabadikan momen.

  1. Curug Plumbon

Kebumen juga memiliki air terjun yang juga sayang untuk anda lewatkan. Curug Plumbon juga dikenal dengan Curug Kali. Lokasinya sekitar 4 km dari Pemandian Air panas Krakal. Tempat wisata di Kebumen ini berupa air terjun bertingkat dua yang memiliki batuan kali bertumpuk. Alam sekitarnya masih terjaga dengan pepohonan rindang sehingga suasananya sejuk.

Diantara undakan air terjunnya terbentuk kolam alami yang bisa dimanfaatkan untuk lokasi berenang. Air yang jatuh begitu jernih, sehingga anda bisa bermain air sepuasnya. Aliran airnya memang tak terlalu deras, sehingga aman untuk mendekat. Lokasinya yang instagenik banyak dijadikan sebagai lokasi untuk mengambil foto foto yang cantik.

  1. Gua Jatijajar

Objek wisata yang tak kalah hits berikutnya adalah Gua Jatijajar. Goa yang secara alami terbentuk dari batu kapur ini awalnya ditemukan oleh seorang petani  Bapak Jayamenawi. Mengingat goa tersebut memang berada di atas tanah miliknya. Sudah memiliki jalan setapak yang nyaman, pengunjung bisa menikmati stalaktit dan stalakmit yang indah.

  1. Pantai Lampon

Singgah di Kebumen tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi pantai pantai cantiknya. Pantai Lampon misalnya yang menawarkan pesona yang indah. Garis pantainya memang tidak terlalu panjang, tidak mencapai 100 meter. Tetapi panoramanya sangat mengesankan, terutama jika dijadikan sebagai tempat menikmati matahari tenggelam yang indah.

  1. Pantai Suwuk

Pantai Suwuk termasuk dalam destinasi hita di Kebumen yang juga sayang dilewatkan. Berada di kawasan Puring serta Pulau Lengkuas, sangat cocok dijadikan sebagai lokasi menghabiskan liburan akhir pekan. Pemandangan pantai lengkap dengan area berbukitan akan menjadi pemandangan utama ketika anda sampai di Pantai Suwuk.

Pasir pantainya memang tidak putih, melainkan pasir hitam yang membuat pesonanya makin eksotis. Ditumbuhi dengan cemara udang, tanaman pandan serta rerumputan membuat suasananya tampak asri. Menariknya, anda juga bisa menikmati wahana lain seperti mini water boom dan juga kebun binatang mini.

  1. Pantai Menganti

Pantai Menganti menjadi ikon wisata pantai di Kebumen yang begitu kondang. Banyak juga yang menyematkan julukan sebagai Selandia Barunya Kebumen. Karena panorama yang disuguhkan memang akan mengundang decak kagum. Menghadap langsung Samudera Hindia, pantai ini memiliki pemandangan yang akan membuat siapapun jatuh hati.

Apalagi kehadiran bukit bukit hijau yang mengelilinginya, semakin menambah banyak alasan untuk anda singgah. Perpaduan laut dan perbukitan ini menjadi daya tarik utamanya. Belum lagi setelah puas menikmati keindahannya, anda juga akan dimanjakan dengan wisata kulinernya.Sajian seafood segar dan dilengkapi indahnya sunset akan membuat liburan makin berkesan.

  1. Pantai Surumanis

Banyak yang menyebut jika Pantai Surumanis adalah Tanah Lotnya Kebumen. Hal ini dikarenakan sama sama memiliki pasir coklat kehitaman. Sebelum sampai di pantainya anda juga harus melewati bukit berbatu dengan jalan kaki. Maka sebaiknya anda menggunakan alas kaki yang nyaman. Aksesnya yang cukup sulit justru menjadi daya tarik tersendiri.

Suasananya juga lebih sepi, cocok untuk anda yang sedang ingin mencari ketenangan. Namun keindahannya tidak akan mengecewaka anda, apalagi aktivitas yang bisa dilakukan juga terbilang melimpah. Anda bisa bersantai menikmati hamparan pantai dan bukit hijau. Beberapa spot instagramable juga sengaja dihadirkan untuk anda jadikan tempat berpose.

  1. Pantai Wedi Putih

Perjalanan menjelajah Tempat Wisata di Kebumen belum akan berakhir, anda bisa mengunjungi Pantai Wedi Putih. Layaknya namanya anda memang akan menemukan pasir putih dengan krang karang besar yang mengelilinginya. Di bebatuan karang ini terbentuk cekungan yang bisa dimanfaatkan berendam.

Aksesnya cukup sulit, cocok untuk pecinta petualangan. Lokasinya tak jauh dari Pantai Karang Agung, anda bisa menuruni bukit untuk sampai di pantai ini. Karang karang besar ini juga bisa anda jelajahi dengan berjalan di antaranya. Namun pastikan anda memiliki stamina kuat serta menggunakan pakaian yang nyaman.

  1. Pantai Gebyuran

Nama Pantai Gebyuran memang tidak terlalu kondang dibandingkan lainnya. Tetapi keindahan dan suasananya mampu menghipnotis anda. rasanya seperti sedang berada di pantai pribadi. Arus airnya tak terlalu tinggi dan juga memiliki gua. Sehingga selain menikmati keindahan pantainya juga bisa menelusuri guanya yang mengucurkan air saat musim penghujan.

Kebumen ternyata menyimpan banyak tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi. Wisata alam mulai dari pantai, perbukitan dan air terjun akan membuat liburan makin menyenangkan. Apalagi jika harga tiket nya juga ramah kantong, anda tak akan khawatir soal budget jika membawa rombongan.