3 Tanda Bayi Tumbuh Gigi dan Cara Mengatasinya Supaya Tidak Rewel

Bunda sebaiknya mengenali saat gigi bayi mulai tumbuh. Karena pada saat seperti itu, bayi biasanya menjadi rewel terus menerus. Bahkan beberapa anak jadi tidak mau makan ketika sedang tumbuh gigi. Umumnya bayi sendiri mengalami tumbuh gigi saat usia 8 sampai 12 bulan. Namun karena tidak semua bayi sama, maka berikut tanda bayi tumbuh gigi dan cara mengatasinya yang perlu diketahui.

Ciri Bayi Tumbuh Gigi

  1. Suka Menggigit

Bayi akan merasa sangat tidak nyaman akibat tekanan dari gusi yang dirasakan ketika giginya mau tumbuh. Itulah mengapa si kecil akan lebih sering menggigit benda di sekitarnya pada kondisi tersebut. Sehingga anda bisa memberikan mainan yang aman untuk digigit sebagai cara mengatasinya. Seperti menggunakan baby teether yang sudah teruji aman.

  1. Menangis

Menangis menjadi salah satu ciri umum bayi tumbuh gigi. Tekanan yang tidak nyaman pada gusi memang acap kali membuat bayi menjadi rewel, kemudian menangis terus menerus. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut, anda bisa memijat lembut gusi dengan menggunakan jari telunjuk. Namun pastikan jari bersih sebelum memijat gusi bayi.

  1. Susah Makan

Karena mulut dan gusi yang terasa tidak nyaman saat gigi tumbuh, terkadang bayi bahkan menolak untuk makan. Jika anda sudah mencoba berbagai cara untuk membuat makan, namun ia tetap menolak. Maka itu mungkin menjadi salah satu pertanda gigi sedang tumbuh. Untuk mengatasinya, anda bisa memberikannya empeng dengan pemeras buah agar si kecil bernafsu makan kembali.

Sudahkah bayi anda menunjukkan tanda tanda seperti di atas ? Jika ingin lebih meyakinkan, anda bisa memeriksakannya ke dokter. Sehingga anda pun dapat mengetahui bagaimana cara penanganan yang lebih tepat. Karena beberapa gejala tumbuh gigi mungkin dapat membuat anak merasa sangat terganggu, jadi membutuhkan penanganan segera mungkin.