Resep Ayam Lodho, Kuliner Khas Tulungagung yang Menggoyang Lidah

Tulungagung adalah salah satu daerah di Jawa Timur yang kaya akan kuliner khasnya. Salah satu kuliner khas Tulungagung yang populer adalah ayam lodho. Makanan ini memiliki keunikan pada kuah santannya yang kental. Rasanya yang gurih dan pedas sangat cocok dinikmati dengan nasi putih hangat.

Resep Ayam Lodho Khas Tulungagung

  1. Bahan-Bahan yang Diperlukan

Bahan yang perlu anda siapkan adalah 1 ekor ayam kampung, 250 ml santan kental, dan 500 ml santan cair. Untuk bumbu halusnya 10 bawang putih, 10 bawang merah, 3 ruas kunyit, 2 ruas jahe, 1 ruas kencur, 2 cabai keriting rebus, dan 2 sdt garam. Bumbu kasarnya 1 sdm merica, 1 sdm ketumbar, 1 sdt jintan, 100 gram cabai rawit, 1 lengkuas, 3 serai, 3 daun jeruk, dan 2 daun salam.

  1. Cara Membuat

Langkah pertama belah ayam dan bentangkan hingga terbuka lebar, lalu lumuri dengan garam dan bakar hingga setengah matang. Tumis bumbu kasar hingga wangi, kemudian masukkan bumbu halus. Tambahkan santan cair lalu masukkan ayam, serai, daun jeruk, dan daun salam. Masak dengan api kecil hingga mendidih, baru masukkan santan kental sampai kuah mengental.

Sangat mudah, bukan? Anda bisa mencoba membuat ayam lodho sendiri di rumah dengan bahan-bahan pada umumnya dan resep di atas untuk membuat 6 porsi. Rahasia kelezatan makanan ini adalah pendiaman selama semalam dan dipanaskan kembali sebelum dihidangkan bersama nasi hangat.