Macam-Macam Produk Kerajinan Yang Dibuat Dengan Teknik Menenun

Berbicara tentang berbagai teknik dan kerajinan, membuat berbagai barang yang unik dan menarik dengan banyak cara adalah salah satunya. Saat ini kerajinan memang sangat banyak digunakan sebagai salah satu komoditi yang cukup besar. Kerajinan yang dibuat dengan teknik ini banyak contohnya. Selain produknya yang banyak, teknik yang digunakan juga cukup beragam. Salah satunya adalah tapestri. Sebagai sebuah kerajian tentu tak hanya nilai jual dan juga hiasan saja yang jadi daya tarik akan tetapi keindahan dan daya gunanya dalam kehidupan yang membuat orang-orang menyukai kerajinan tersebut. Nilai guna ditambah keindahan dan juga daya jualnya untuk kalangan masyarakat menjadi bukti betapa teknik menenun ini sangat diminati.

Teknik Tapestri, Kerajinan Yang Dibuat Dengan Cara Menenun

Tapestri termasuk dalam salah satu teknik membuat kerajian dengan cara menenun. Tapestri sendiri merupakan seni dalam menyusun dan juga mengatur benang-benang berwarna dan tidak berwarna untuk menghasilkan produk yang indah. Menenun benang dalam teknik ini akan membuat suatu karya kerajinan yang serupa kain. Kain ataupun karya tekstil ini sendiri bisa dibentuk sesuai dengan keinginan para penenunnya. Tapestri punya kesamaan dengan teknik merajut hanya saja media dan juga alat-alat yang dipakai tidak sama. Media yang dipakai untuk melakukan teknik tapestri ini antara lain adalah benang-benang beraneka ragam, kertas-kertas serta benda penunjang lain yang akan membantu proses penenunannya.

Cara untuk menenun benang ini juga memakai alat khusus. Alat ini diletakkan di lantai lalu penenun mengerjakannya secara vertikal untuk mendapatkan kain yang terbaik. Pada masyarakat jaman dulu di beberapa daerah proses tenun tradisional ini masih sangat terjaga. Bahkan hingga sekarang proses tenun ini masih berjalan di beberapa daerah tertentu dan hasil tenun tersebut bernilai sangat tinggi karena prosesnya yang cukup lama. Kain-kain tradisional menjadi salah satu contoh yang paling gampang dilihat untuk teknik membuat kerajian dengan cara tenun ini. Proses menenun dengan cara yang paling sederhana harus dilakukan selama beberapa hari atau minggu untuk bisa menghasilkan satu lembar kain yang cantik. Salah satu jenis kain yang paling banyak dicari dan punya harga mahal adalah kain songket. Selain sebagai salah satu bentuk kerajinan dan juga menjadi potensi budaya yang harus dilestarikan. Jasa pengurusan sertifikasi produk menjadi kunci untuk memudahkan pendataan.

Seni Kerajinan Kain Songket

Kain songket merupakan kain tenun tradisional di daerah melayu. Indonesia termasuk dalam salah satu negara pemilik songket yang cukup terkenal. Sebagai negara yang termasuk dalam rumpun melayu bersama malaysia dan brunei, kain songket ini menjadi semacam kain tradisional yang dipakai untuk acara-acara adat atau acara khusus lainnya. Songket ini dibuat dengan teknik tenun yang memakai benang-benang emas ataupun benang warna-warni. Benang yang dipakai akan menghasilkan efek kemilau pada lembaran kain yang dihasilkan sehingga kualitasnya juga sangat tinggi. Kain yang punya desain rumit dan disulam dengan benang emas biasa dipakai untuk acara-acara yang bersifat resmi. Pola dalam kain songket biasanya mewakili tempat dimana kain tersebut dibuat. Dari tiga negara yang termasuk dalam satu rumpun melayu ini punya desain yang berbeda. Perbedaan ini yang menjadi ciri khas mereka dalam menghasilkan kain yang terbaik. Kain songket ini menjadi sebuah ciri khas dan selalu jadi incaran orang-orang yang mengoleksi kerajinan asli. Kerajinan dengan menggunakan teknik tenun ini sangat menarik dan masih menjadi tradisi yang tidak boleh dilupakan begitu saja.