Pil KB Untuk Ibu Menyusui

Pil KB merupakan alat kontrasepsi horman yang berbentuk pil dan merupakan alat yang banyak digunakan sebagai upaya menjadi Keluarga Berencana. Untuk di Indonesia, pil KB telah banyak beredar dipasaran namun perlu diketahui beberapa komposisinya yang dapat memberikan efek bagi perempuan.

Berikut beberapa jenis pil KB,

  1. Pil KB Andalan FE, memiliki komposisi zat besi dan berisi 28 tablet cocok untuk perempuan yang aktif, memiliki banyak kegiatan. Bagi perempuan yang memiliki keluhan perut kram saat haid, kandungan zat besi pada tablet ini dapat mengurangi efek nyeri tersebut.
  2. Pil KB Diane, berisikan 35 tablet dan mengandung siproteron asetat dan etilnilestradiol. Pil ini cocok untuk perempuan yang ingin mengatasi jerawat juga. Namun bagi perempuan penderita diabetes mellitus, migraine dan penyakit hati harus terlebih dahulu berkonsultasi ke dokter.

Pil KB yang cocok untuk ibu menyusui,

  1. Pil KB Andalan Laktasi, mengandung linestrenol 0.5 mg, cocok untuk ibu menyusui karena memiliki hormone progestin dengan dosis yang rendah.
  2. Pil KB Marvelon Gold Limas, dengan harga 45.000/strip memiliki beberapa efek samping seperti, mual, sakit kepala, nyeri pada bagian tertentu.

Beberapa manfaat dengan Pil KB adalah selain mencegah kehamilan beberapa diantaranya, dapat megurangi nyeri haid karena mengandung zat besi, dan membuat siklus haid lebih teratur.