Bikin Performa Motor Tidak Maksimal, Intip 5 Penyebab Motor Brebet di RPM Tinggi

Bagi anda pemilik motor, tentunya kerap kali mengalami kerusakan yang disebabkan beberapa hal. Salah satunya adalah ketika motor mengalami brebet, terutama ketika sedang di gas. Hal ini tentu saja akan menjadi pengganggu, terlebih ketika anda sedang terburu buru. Sebelum anda membawanya ke kursus mekanik motor, lebih baik kenali penyebab motor brebet di RPM tinggi berikut ini.

Apa Saja yang Menyebabkan Motor Brebet Ketika Di Gas?

  1. Busi Mengalami Kerusakan

Salah satu masalah yang kerap kali terjadi ketika motor mengalami brebet saat berada di RPM tinggi adalah dikarenaka terjadi kerusakan pada busi. Dengan kondisi busi yang kotor dan juga mulai meregang dapat menjadi salah satu penyebabnya. Hal ini dikarenakan busis tidak memiliki percikan api yang berguna untuk pembakaran mesin.

Untuk mengantisipasi hal ini, anda pun bisa melihat ciri cirinya. Diantara lain adalah busi yang memiliki warna kehitaman. Selain itu, apabila anda mendapati busi tersebut kotor, maka anda pun bisa melepas dan membersihkanya. Kemudian, cobalah untuk pasang kembali dan menyetarter mesin untuk memastikan apakah motor mau menyala atau tidak.

Apabila busi tersebut telah mati, maka nantinya tidak akan mampu untuk menyalakan api. Hal ini tentunya akan membuat pembakaran di mesin menjadi terhambat. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa mesin mengalami brebet meskipun telah dinyalakan dalam RPM yang tinggi. Sehingga, anda pun perlu menggantinya dengan yang baru.

  1. Kotornya Filter Bensin

Penyebab motor brebet di RPM tinggi juga bisa terjadi lantaran filter bensin yang kotor. Umumnya, filter bensin ini memiliki fungsi untuk melakukan penyaringan bakan bakar. Sehingga nantinya kotoran yang terdapat di dalam bahan bakar tersebut tidak memasuki ruangan pembakaran.

Untuk itu, sebagai pemilik motor anda pun wajib untuk membersihkannya secara rutin. Hal ini dikarenakan apabila kotoran menumpuk di filter tersebut akan membuat suplai bahan bakar tidak bisa lancar. Sehingga hal tersebut menjadi penyebab pembakaran pada mesin tidak terjadi dengan sempurna. Solusinya adalah dengan mengganti dan membersihkan filter bensin secara berkala.

  1. Tangki Pada Bahan Bakar Kemasukan Air

Hal lainnya yang dapat menyebabkan motor brebet pada RPM yang tinggi adalah pada tangki bahan bakar kemasukan air. Hal ini tentu saja akan membuat motor tidak bisa menyala. Sebab, air yang masuk ke tangi tersebut akan membuat proses pembakaran terganggu. Dengan begitu, bahan bakar akan berkurang ketika memasuki ruang pembakaran.

Tentu saja, kondisi satu ini bisa menyebabkan mesin tidak bisa di starter. Ada banyak faktor yang membuat air masuk ke tangki bahan bakar. Salah satunya adalah ketika membeli bensin eceran ataupun ketika sedang mencuci motor. Hal yang perlu anda lakukan ketika mengalami kejadian satu ini adalah menguras tangki tersebut dan menggantinya yang baru.

Tak hanya itu saja, anda juga perlu untuk mengganti filter bensin yang telah terkena air tersebut. Hal ini bertujuan agar motor bisa menyala kembali. Selama proses menguras, ada baiknya anda juga sekaligus membersihkan kotoran yang mengendap pada tangki bensin tersebut.

Penyebab motor mengalami brebet saat RPM tinggi tak hanya disebabkan oleh masalah itu saja. melainkan rusaknya sensor injeksi hingga setelan klep yang renggang menjadi hal yag bisa menyebabkan masalah tersebut. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk rutin melakukan servis dan pengecekan secara berkala lantaran berfungsi untuk mengantisipasi kejadian tersebut.