Penyanyi Lawas Indonesia yang Terus Dikenang Hingga Saat Ini

Industri musik Indonesia telah melahirkan banyak penyanyi bertalenta yang memiliki suara emas. Karya mereka yang fenomenal membuat para penyanyi tersebut selalu dikenang selama bertahun – tahun. Selain itu, lagu yang mereka bawakan juga seringkali dibuat dalam versi baru oleh para penyanyi muda. Hal ini tentu semakin mengingatkan masyarakat tentang kualitas yang ditampilkan oleh para penyanyi lawas dari Indonesia. Lantas, siapa saja penyanyi lawas yang masih terkenal hingga sekarang beserta karyanya?

Penyanyi Lawas Terbaik di Indonesia

Nama Ebiet G. Ade tentu sangatlah familiar bagi masyarakat Indonesia. Penyanyi yang terkenal dengan lagu bernuansa sosial politik, alam dan bencana, keluarga, dll ini telah menjadi salah satu penyanyi lawas yang legendari di Indonesia. Nama lengkap dari Ebiet G. Ade adalah Abid Ghoffar bin Aboe Dja’far. Penyebutan nama Abid menjadi Ebit dikarenakan guru kursus Bahasa Inggrisnya tidak bisa menyebutnya dengan benar. Sehingga, ia kemudian sering dipanggil dengan nama Ebiet. Menghabiskan waktu remaja hingga dewasa di Yogyakarta membuat Ebit G. Ade mempunyai kemampuan seni dan musikalitas yang sangat baik. Hal ini bisa terlihat ketika ia sering menghabiskan waktu di Malioboro bersama dengan seniman Jogja yang lain seperti Emha Ainun Nadjib. Ebiet G. Ade memiliki banyak lagu yang hingga saat ini masih terkenang dan sering diputar seperti Berita Kepada Kawan, Titip Rindu Buat Ayah, Masih Ada Waktu, dll.

Nike Ardilla menjadi salah satu penyanyi lawas perempuan Indonesia yang juga memiliki ciri khas tersendiri. Ia memilih genre musik rock pada karir musikalitasnya. Suaranya yang merdu namun tegas sangatlah cocok dengan genre musik rock seperti ini. Sehingga ia kemudian dijuluki dengan sebutan Ratu Rock Indonesia. Nike Ardilla memulai karirnya pada usia yang masih sangat muda. Ia pernah dinobatkan sebagai penyanyi yang debut secara resmi pada usia 14 tahun 3 bulan 4 hari. Beberapa lagunya menjadi lagu hits yang terkenal di Indonesia seperti Mengapa Harus Berpisah, Bintang Kehidupan, dll. Namun, Nike Ardilla meninggal dalam usia yang masih cukup muda yaitu 19 tahun. Kepergiannya mengundang banyak kesedihan bagi para penggemarnya. Namun, karyanya masih selalu diingat oleh para penggemarnya. Beberapa dari mereka juga selalu memutar lagunya hingga saat ini.

Penyanyi lawas lainnya yang masih terus berkarya hingga saat ini adalah Iwan Fals. Ia telah menciptakan banyak lagu yang memiliki tema cinta. Namun, ia juga kerap membuat sebuah lagu yang berisikan sebuah kritikan terhadap keadaan sosial masa itu. Dan lagu – lagu tersebut masih relevan dengan keadaan sosial sekarang. Salah satu lagunya yang sering diputar hingga saat ini adalah lagu Guru Oemar Bakri. Lagu ini bercerita tentang pengabdian seorang guru yang bernama Oemar Bakri. Ia bisa mendidik banyak orang hebat. Namun, pengabdiannya tidak diimbangi dengan gaji yang layak. Lagu ini masih terus diputar karena liriknya yang masih relevan dengan keadaan guru di masa sekarang.

Remake Version dari Lagu Milik Penyanyi Lawas

Saat ini, untuk mengenang karya dari para penyanyi lawas, banyak lagu lawas yang kemudian dibuat dalam versi yang baru. Lagu ini sering disebut dengan remake version. Hal ini tentu menjadi sebuah kabar gembira bagi para penggemar penyanyi lawas yang ingin kembali mendengarkan lagu mereka namun dengan instrumen musik yang lebih modern. Selain itu, lagu hasil remake tersebut juga dapat diunduh secara bebas. Download lagu terbaru dari hasil remake version dapat dilakukan dari beberapa website yang tersedia.