Keputihan Berbau saat Hamil Muda

Ketika ibu memasuki masa kehamilan, keluhan demi keluhan akan mulai banyak ibu rasakan. Seperti perubahan bentuk badan, rasa yang tidak nyaman sepanjang kehamilan, dan rasa gatal, serta banyak keluhan lainnya. Beberapa keluhan di atas bersifat normal, namun terdapat beberapa keluhan yang tidak normal. Salah satunya keluhan tentang keputihan. Ketika hamil ibu mengalami keputihan yang cenderung lebih banyak dari sebelumnya. Namun hal yang perlu diwaspadai ketika keputihan mengeluarkan tanda-tanda yang tidak normal.

Penyebab keputihan yang dialami oleh ibu hamil adalah peningkatan hormon estrogen dan aliran darah ke vagina. Ketika memasuki awal kehamilan cairan ini akan memenuhi saluran serviks untuk menciptakan lender pelindung. Keputihan yang normal disebut dengan leukora.

Lantas jika keputihan berbau saat hamil muda apakah masuk kategori normal? Jika keputihan sudah berbau saat hamil muda, lalu berwarna kekuning-kuningan atau hijau, gatal pada vagina diikuti dengan kemerahan, sebaiknya perlu diwaspadai. Beberapa hal yang kami terangkan mengenai keputihan yang berbau pada saat hamil muda dan tanda-tanda lainnya merupakan ciri yang paling umum dari penyakit kandidiasis ini yang juga dikenal dengan sebutan infeksi jamur.

Jika ibu sudah mengalami keputihan dengan ciri-ciri di atas lebih baik lagsung menghubungi dokter untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya. Biasanya dalam penanganannya dokter memberikan obat dalam bentuk krim, salep, ataupun obat oral untuk keputihan akibat infeksi jamur