Kehamilan Trimester Dua Masih Rentan Keguguran, Benarkah?

Banyak yang mengira bahwa masa rentan kehamilan hanya di trimester pertama saja. Padahal tiap fase kehamilan memiliki resiko yang berbeda. Bahkan ada pula kondisi tertentu yang membuat kehamilan menjadi lebih beresiko. Seperti usia ibu saat hamil, gaya hidup yang kurang baik hingga malnutrisi.

Taukah Anda jika makanan cepat saji adalah jenis makanan yang bisa menyebabkan keguguran di usia 4 bulan kehamilan? Hal ini disebabkan karena jenis makanan ini sangat tinggi karbohidrat dan garam. Sehingga jika terlalu sering di konsumsi dapat menyebabkan hipertensi. Makanan cepat saji juga sangat rendah serat. Bahkan tak memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin.

Padahal janin membutuhkan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang. Itulah sebabnya menjaga pola makan sangat penting bagi ibu hamil. Beberapa makanan yang perlu dihindari selama masa kehamilan seperti makanan berlemak, makanan yang terlalu asin dan manis serta makanan olahan.

Selain kehamilan di usia lebih dari 35 tahun, Ibu hamil yang memiliki riwayat diabetes dan hipertensi memiliki resiko keguguran lebih tinggi. Sehingga harus menghindari beberapa asupan makanan yang dapat memicu kenaikan tekanan darah dan kadar gula darah. Jika tidak, maka dapat berakibat fatal bagi ibu dan janin yang dikandungnya.

Di usia kehamilan 4 bulan, perkembangan janin sudah sangat terlihat. Salah satu yang dirasakan adalah adanya gerakan janin. Ibu sudah dapat merasakan tendangan janin di dalam perut meskipun belum begitu intens. Nah,ketika ada penurunan intensitas gerakan janin, maka ibu harus waspada. Apalagi jika ibu sudah tak merasakan ada gerakan janin sama sekali. Segera periksa ke bidan atau dokter untuk mengetahui kondisi janin ya.