5 Keajaiban Sedekah Yang Bisa Kita Rasakan

Apakah kamu percaya bahwa ada keajaiban sedekah? Sedekah menurut laman web baznas kota bandung menjelaskan bahwa sedekah merupakan pemberian seorang muslim dengan cara ikhlas tanpa adanya batasan waktu dan jumlah untuk diberikan kepada orang yang membutuhkannya.

Sedekah memiliki makna lebih luas dibandingkan infaq dan zakat, karena dalam melaksanakan sedekah kita tidak diharuskan mengeluarkan atau memberikan harta yang dimiliki saja, tetapi juga dapat berupa bantuan dan perbuatan baik kepada orang lain.

Dalam Surat An-Nisa Ayat 114 di Al-Quran, Allah SWT mengajarkan kita untuk melakukan sedekah, karena sedekah bisa membuat kita mendapatkan pahala dan kebaikan serta keridhoan dari Allah.

Hukum Sedekah Menurut Islam

Melaksanakan sedekah dalam islam hukumnya sunnah. Artinya jika kita melaksanakan sedekah mendapatkan pahala dan kebaikan serta ketika kita tidak bersedekah kita tidak mendapatkan dosa. Tetapi sedekah bisa berubah hukum menjadi hukum wajib ketika kita dalam kondisi mampu dan bekecukupan, lalu bertemu dengan orang yang sangat membutuhkan dan kekurangan. Maka kita diwajibkan untuk melaksanakan sedekah kepada orang tersebut.

Allah SWT juga sangat cinta kepada orang yang gemar bersedekah seperti yang tercantum dalam firman Allah di Al-Quran pada Al-Baqarah ayat 276.

Terdapat juga hadits keutamaan memberi sedekah dari HR. Bukhari dan Muslim yang di diriwayatkan Abu Hurairah R.A yang menjelaskan tentang sedekah yang paling mudah kita lakukan seperti berjalan untuk menuju masjik untuk melaksanakan sholat, menyingkirkan sesuatu yang menghalangi jalan, berkata baik, mengucapkan kata-kata baik dari mulut, menolong orang naik kendaran dan mengangkat barang bawaannya dan mendamaikan orang atau berbuat adil terhadap dua orang.

Dengan melaksanakan sedekah tidak hanya bermanfat untuk diri kita sendiri tetapi juga bermanfaat untuk penerimanya. keajaiban sedekah yang paling banyak dirasakan orang selama ini adalah merasa hidupnya lebih bahagia.

Keajaiban Sedekah

Selain keajaiban sedekah bisa hidup bahagia, masih ada keutamaan dan keajaiban sedekah lainnya seperti :

1. Menjadi Orang Yang Lebih Bersyukur

Dengan melakukan sedekah yang dilakukan dengan banyak cara, ini dapat membuat rasa syukur kita terhadap apa yang Allah SWT menjadi lebih tinggi. Seberapa kecil harta yang kita berikan kepada orang lain, membuat kita akan merasakan lebih bersyukur memiliki kehidupan yang lebih baik daripada orang yang menerima sedekah tersebut.

2. Terhindar dari Penyakit

Agar kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit, maka rajinlah untuk bersedekah. Ini adalah keajaiban sedekah yang bisa kita rasakan.

Ketika kamu sedang sakit dan belum sembuh maka perbanyaklah sedekah, maka Allah SWT akan mendengarkan doa orang yang kamu berikan sedekah.

Jadi keajaiban sedekah yang bisa kita rasakan adalah dapat menyembuhkan penyakit sert dapat mencegah munculnya penyakit ataupu menolak bala ketika ada orang yang bermaksud jahat terhadap diri kita.

Keutamaan sedekah dapat mencegah penyakit ini juga diriwayatkan pada HR. Bukhari dan Muslim.

3. Dipermudah Mendapatkan Rezeki Halal

Sedekah akan membuat kita selalu mengingat bahwa semua yang kita lakukan dalam pengawasan Allah SWT. Karena itu sedekah akan membuat kita berusaha untuk mendapatkan rezeki dari cara-cara yang halal.

Dengan rezeki yang halal juga membuat kita mudah untuk bersyukur atas apa yang Allah berikan kepada kita.

4. Bekal di Akhirat

Harta yang kita berikan kepada orang lain yang membutuhkan dengan cara sedekah karena Allah akan menolong kita di akhirat. Harta tersebut akan disimpan disisi Allah untuk bekal kita saat hari akhir tiba.

5. Pahala Berlipat

Ketika kita memperbayak sedekah di hari jumat dan saat subuh atau sering dikenal dengan sedekah subuh. Maka kita bisa mendapatkan pahala yang berlipat-lipat atau dilipatgandakan oleh Allah. Selain itu Allah juga akan menambahkan rezeki kepada kita yang melakukan sedekah hanya mengharap keridhoan dari Allah SWT.