Jangan Dikonsumsi! Berikut 3 Jenis Obat Yang Kontraindikasi Pada Ibu Hamil

Saat seorang wanita sedang hamil, artinya apapun yang ia konsumsi akan mengalir juga ke tubuh anak bayi yang dikandungnya. Hal ini mengharuskan ibu hamil membatasi makanan dan minuman yang dikonsumsi, begitu pula dengan obat. Berikut ini beberapa obat yang kontraindikasi untuk ibu hamil.

Obat Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

  1. Naproxen

Obat ini merupakan obat anti inflamasi non-steroid (OAINS). Obat ini biasa digunakan untuk meredakan rasa sakit dan inflamasi. Ibu hamil dilarang mengkonsumsi naproxen karena beresiko menurunkan darah ke janin secara signifikan, maka sebaiknya anda hindari obat ini untuk dikonsumsi.

  1. Obat Jerawat

Ingin selalu tampil cantik memang naluri setiap wanita, tidak terkecuali saat masa kehamilan. Namun hati-hati untuk memilih obat jerawat saat anda sedang hamil. Karena obat jerawat mengandung isotretinoin yang bisa menyebabkan bayi lahir cacat dengan gagal jantung atau bibir sumbing.

  1. Ibuprofen

Obat yang kontraindikasi pada ibu hamil selanjutnya adalah ibuprofen. Obat ini biasa digunakan untuk meredakan nyeri saat demam dan peradangan. Ibuprofen tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan kerusakan pada jantung bayi dan mengganggu proses persalinan.

Demikian beberapa obat yang harus dihindari oleh ibu hamil. Jika kondisi anda mengharuskan anda untuk mengkonsumsi obat tersebut, segera konsultasikan dengan dokter atau bidan untuk merekomendasikan obat lain. Perhatikan juga makanan dan minuman yang anda konsumsi untuk menjaga kesehatan anda dan janin.