Ikan Badut Sahabat Baik Makhluk Laut Berbahaya “ Anemon”

Clowfish atau yang lebih dikenal dengan sebutan ikan badut adalah jenis ikan yang sangat unik. Ikan ini memiki panjang kurang lebih 10 sentimeter dan dapat hidup hingga usia 10 tahun. Salah satu ciri khas dari ikan badut adalah warna pada tubuhnya. Ikan ini berwarna orange dengan garis-garis vertikal.

Habitat ikan badut ini adalah di Anemon dan terumbu karang. Sebelum menempati sebuah anemon, ikan biasanya akan melakukan hal yang unik dimana mereka akan melakukan sebuah tarian khusus untuk dapat menyentuh tentakel pada anemon menggunakan bagian yang berbeda pada tubuhnya. Tarian inilah yang membuat tubuh ikan badut kebal terhadap sengatan listrik dari Anemon. Seperti yang kita ketahui, Anemon merupakan makhluk laut yang berbahaya dan tidak satupun makhluk laut yang mau mendekatinya kecuali ikan badut.

Habitat ikan badut di anemon ini  dimanfaatkan untuk menlindungi diri dari serangan predator laut. Ada kurang lebih 30 spesies ikan badut yang mana sebagian besar tinggal pada perairan dangkal di Samudera Hindia, Laut Merah dan Pasifik Selatan. Ikan ini tidak ditemui di Kepulauan Karibia dan kawasan Mediterania.

Selain berteman dengan Anemon, ikan badut juga memiliki kemampuan yang unik dimana dapat mengubah jenis kelaminnya. Hal tersebut dilakukan jika ada sekelompil ikan yang membutuhkan betian untuk bereproduksi. Bisa dibilang, jenis ikan badut termasuk jenis ikan hemaprodit.