IbuKota Mesir

Tahukah anda bahwa negara Mesir merupakan salah satu negara yang berbentuk Republik Arab mesir. Untuk pembagian wilayahnya, Mesir masih masuk ke dalam kawasan Afrika bagian Timur Laut. Bagian yang paling penting dan istimewa yang perlu anda ketahui tentang negara Mesir adalah bahwa Mesir merupakan negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia, tepatnya di tanggal 17 Agustus 1945. Untuk perbatasan perairannya sendiri, Mesir berbatasan dengan Laut Tengah di bagian utara serta Laut Merah di bagian Timur.

Ada ciri khas yang paling terkenal dari negara Mesir ini, salah satunya adalah bagian daratan yang terdiri dari gurun sahara. Untuk mayoritas keagamaannya sendiri, sebagian besar penduduknya menganut agama islam dan sisanya menganut agama kristen koptik. Anda perlu tahu bahwa Mesir merupakan salah satu negara tertua di dunia, karena usianya terkisar lebih dari 5000 tahun. Negara Mesir juga merupakan sebuah negara terbesar di dunia yang menduduki urutan ke-30.

Untuk ibukota Mesir sendiri merupakan Kairo. Awal pembentukan Mesir menjadi sebuah negara berbentuk Republik adalah pada tahun 1953. Kemudian untuk sistem pemerintahannya sendiri, Mesir menggunakan sistem pemerintahan semipresidensial multipartai. Untuk eksploitasi sumber daya alamnya, Mesir sangat bergantung dengan ekspor gas alam, ekspor minyak bumi, pariwisata, media, dan pertanian. Sedangkan populasi penduduk di negara Mesir, tergolong kategori negara dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, yaitu sekitar 74 juta orang.