Fakta Unik Candi Panataran

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang memiliki beberapa Candi bersejarah, salah satunya candi panataran yang terletak di Kabupaten Blitar. Meskipun Candi Panataran sudah berusia ratusan tahun, tetapi hingga saat ini ini bangunan candi panataran masih tetap berdiri kokoh.

Rasanya kurang lengkap jika ingin berkunjung ke Candi Panataran tetapi tidak mengetahui fakta unik dari candi tersebut. Adapun berikut ini fakta-fakta uniknya.

  1. Candi Palah

Perlu diketahui jika dulu Candi Panataran bernama Candi Palah. Fakta ini ditemui dari prasasti yang masih tersimpan rapi di bagian candi. Pada prasasti tersebut dijelaskan jika nama candi Palah berarti tempat pemujaan. Sedangkan dikenal sebagai Candi Panataran, karena terletak di desa Panataran.

  1. Peninggalan Kerajaan Kediri

Candi Panataran bukanlah peninggalan kerajaan Majapahit, faktanya Candi ini merupakan peninggalan kerajaan Kediri. Pada prasasti yang ada, pembangunan Candi panataran diperkirakan 1200 Masehi.

  1. Tempat Pemujaan Tolak Balak

Fakta unik lain dari Candi Panataran yaitu menjadi tempat pemujaan tolak balak letusan gunung Kelud. Untuk melakukan pemujaan, masyarakat sekitar harus naik ke lereng gunung Kelud dengan ketinggian 450 MDPL.

  1. Sumpah Palapa Gajahmada

Sumpah Palapa yang diucapkan oleh Gajah Mada bertempat di Candi Panataran. Karena menurut cerita, Candi panataran menjadi tempat favorite raja Hayam Wuruk. Bahkan, abu jasad Ken Arok disimpan di Candi Panataran.