Inilah Alasan Wisatawan Wajib Berkunjung ke Desa Terindah Di Dunia Sumbar

Setiap negara yang ada di seluruh dunia pasti memiliki wilayah pedesaannya sendiri-sendiri. Namun, tahukah anda bahwa ada salah satu desa di Indonesia tepatnya di Sumatera Barat yang dinobatkan sebagai salah satu desa terindah di dunia pada tahun 2012 versi Budget Travel ? Ya, desa tersebut bernama Nagari Pariangan yang terletak di Tanah Datar, Sumbar. Bahkan, desa tersebut telah disandingkan dengan beberapa desa terindah dari berbagai negara lainnya seperti Desa Wengen (Swiss), Eza (Prancis), Cesky (Ceko), dan Niagara on the Lake (Kanada). Sudah menjadi keharusan sebagai warga negara yang baik untuk memahami dan mencintai keindahan bangsa dan negaranya sendiri sebelum memutuskan untuk menjelajahi destinasi wisata di negara lain. Oleh sebab itu, kabar seputar sumbar akan membeberkan beberapa alasan yang membuat wisatawan wajib berkunjung ke Nagari Pariangan yang terkenal sebagai desa terindah di dunia yang ada di Sumbar.

Tata Ruang Desa Terindah yang Tua Namun Tetap Asri

Salah satu alasan yang membuat desa terindah Nagari Pariangan wajib dikunjungi oleh wisatawan di Sumbar adalah statusnya yang sudah tua namun tetap asri hingga sekarang. Ibarat “old but gold”, desa tertua ang ada di wilayah suku Minangkabau ini tetap terjaga keasrianya hingga sekarang. Desa yang berlokasi di lereng Gunung Marapi ini memiliki tata ruang atau arsitektur tradisional yang sangat memanjakan mata. Pasalnya, masyarakat desa setempat masih mempertahankan bangunan tradisonal asli suku Minang yang khas dengan rumah Gadangnya. Jangan heran jika wisatawan akan menjumpai rumah Gadang lengkap dengan beberapa masjid yang sudah berusia hingga ratusan tahun namun tetap berdiri kokoh.

Wisatawan yang berkunjung akan disuguhi dengan pemandangan persawahan, ladang, dan kebun aneka tanaman yang tersusun secara rapi. Pasalnya, wisatawan hanya bisa mengunjungi desa terindah dengan berjalan kaki dalam beberapa menit saja. Kondisi permukiman desa yang tidak terlalu padat dan didukung dengan kualitas udara yang baik dan menyegarkan akan membuat wisatawan merasa senang dan rileks. Selain itu, sejauh mata memandang wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan daerah pedesaan yang hijau dengan warga desanya yang sangat ramah.

Kebiasaan Masyarakat Desa Terindah yang Masih Menyatu dengan Alam

Alasan lain yan membuat desa terindah Nagari Pariaman wajib hukumnya untuk didatangi ketika berpergian ke Sumbar adalah kebiasaan masyarakat desa yang masih menyatu dengan alam. Ya, wisatawan tidak hanya disuguhi dengan panorama alam pedesaan yang masih asri saja. Melainkan juga dimanjakan dengan budaya dan adat istiadat masyarakat yang masih alamai serta menyatu dengan alam. Salah satu kebiasaan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke desa Nagari Pariaman adalah mandi di tempat pemaindian umum secara bersama-sama atau yang disebut dengan tapian mandi.

Tentu saja tempat pemandian umum tersebut dipisah berdasarkan jenis kelamin. Terdapat 1 tapian mandi bagi para perempuan yang dinamai dengan Rangek Subarang dan 2 tapian mandi bagi para pria dengan nama Rangek Gaduang dan Rangek Tujuak. Terdapat keunikan yang ada di setiap tapian mandi tersebut yaitu sumber airnya yang berupa air panas alami. Banyak sekali warga yang menggunakan tapian mandi untuk berbagai kegiatan seperti mandi, mencuci dan sebagainya. Selain itu, terdapat pula kebiasaan lain masyarakat Nagari Pariaman yang sangat menarik untuk diikuti karena masih menggunakan cara yang tradisional dan alami seperti dalam hal adat istiadat, pertanian, perkebunan dan sebagainya