7 Langkah Cara Ternak Hamster Di Rumah Yang Benar

Lucu, imut dan menggemaskan, siapa yang tidak ingin memelihara hamster? Peliharaan mungil berbulu ini punya harga jual mahal. Maka tak heran bila banyak orang ingin tahu cara ternak hamster di rumah untuk dijadikan peluang usaha.

Nah, jika Anda termasuk salah satu orang tersebut, cari tahulah cara merawat hamster yang benar. Sebab meski pemeliharaannya tidak sulit, menghasilkan anakan baru yang jinak dan harganya tinggi tetaplah tidak mudah.

Ragam Jenis Hamster

Memiliki dua mata cerah dengan satu set kumis, hamster memang terlihat sangat manis. Belum lagi dengan corak warnanya yang beragam serta tingkahnya yang bikin gemas. Namun tahukah Anda jika hamster memiliki beberapa jenis?

Di Indonesia sendiri, ada 4 jenis hamster yang banyak dipelihara. Untuk itu, sebelum mulai beternak hamster, Anda ketahui beberapa jenisnya berikut ini:

  1. Hamster Campbell. Merupakan yang paling banyak penggemarnya. Punya varian warna beragam dan bentuk mungil. Namun agak galak dan suka menggigit.
  2. Hamster Syrian. Adalah hamster yang paling besar ukurannya dan paling banyak pilihan warnanya. Bersifat cenderung lebih jinak tapi gerakannya cukup lambat.
  3. Hamster Winter White. Mirip campbell tapi bulunya tidak terlalu wool dengan bentuk kepala lebih bulat. Juga agak lebih jinak dan varian warna sedikit.
  4. Hamster Roborovski. Merupakan yang paling kecil, paling gesit dan lincah. Jenis ini hanya punya 2 varian warna yaitu brown face dan white face.

Langkah-Langkah Cara Ternak Hamster

Merawat hamster memang tergolong mudah. Tapi tetap penting bagi Anda tahu caranya yang benar. Apalagi jika ingin diternak, jangan sampai Anda malah rugi. Nah, bagi Anda yang ingin tahu cara ternak hamster di rumah, berikut langkah-langkahnya:

1. Memilih Jenis Hamster

Sebelumnya sudah disebutkan ada 4 jenis hamster yang umum dipelihara. Anda bisa pilih salah satunya untuk diternak. Untuk pemula sebaiknya pilih Campbell. Jenis ini paling aman bagi Anda yang masih amatir. Atau Anda bisa cari di blog tentang hewan untuk lebih banyak jenis hamster lainnya.

2. Proses Seleksi Induk

Indukan yang bagus akan menghasilkan anakan yang bagus juga. Untuk itu, perlu dilakukan seleksi indukan hamster berkualitas untuk diternak.

Usahakan cari indukan betina yang nafsu makannya bagus. Serta telah berumur 4-11 bulan dan lincah. Sementara untuk indukan jantan, cari yang punya tingkat kesuburan baik dengan ciri memiliki ukuran bokong lebih berisi dan besar.

3. Persiapan Kandang Hamster

Buatlah kandang agar bisa senyaman mungkin bagi hamster tinggali. Jangan lupa sediakan serbuk kayu dan tempat minum hamster. Tambahkan juga mainan dan rutin bersihkan kandang minimal satu kali seminggu.

4. Perhatikan Pakan Hamster

Pakan harus rutin diberikan dengan takaran pas agar kebutuhan nutrisi hamster selalu terjaga. Pakan hamster yang baik adalah pakan yang mengandung protein tinggi dan pakan yang mengandung ragi.

5. Musim Kawin Hamster

Hamster jantan dapat langsung dikawinkan dengan beberapa betina. Tapi walau begitu, sebaiknya pisahkan kandang untuk beberapa betina agar tidak berkelahi. Lalu indukan jantan dapat dipindahkan bergilir untuk dikawinkan.

6. Kehamilan Induk Hamster Betina

Saat hamil, hamster akan terlihat lebih bulat dengan perut membesar. Di masa ini, pisahkan induk jantan dan betina. Tempatkan betina di lokasi yang jauh dari keramaian dan beri makanan bergizi secara rutin. Pada umumnya, hamster akan melahirkan 7-8 bayi dalam sekali kelahiran.

7. Perawatan Anakan Hamster

Anak hamster tidak boleh dipisahkan dari induknya. Biarkan mereka sekandang selama masa menyusu. Serta jangan dulu bersihkan kandang sebelum usianya 14 hari. Dalam kandang, berikan beberapa helai kain untuk sarang bayi hamster.

Yang tak kalah penting dalam cara ternak hamster adalah pahami karakter dari hamster yang diternak. Sebab setiap jenisnya mungkin memiliki perawatan khusus. Ketahuilah apa yang hamster butuhkan agar mereka sehat dan menguntungkan saat dijual.