Jangan Khawatir! Berikut Cara Mengatasi Whatsapp Has Stopped Yang Bisa Anda Lakukan

 

Tampilan sederhana yang didukung dengan fitur menarik pada whatsapp menjadi pertimbangkan kuat bagi pengguna. Kondisi tersebut bahkan telah menarik minat orang di seluruh penjuru dunia untuk menggunakan aplikasi ini. Namun, kondisi whatsapp eror hingga tiba-tiba berhenti dapat membuat anda tidak nyaman. Untuk itu, berikut cara mengatasi whatsapp has stopped.

Solusi Untuk Whatsapp Yang Telah Berhenti

  1. Tutup Dan Buka Kembali Aplikasi

Kondisi whatsapp telah berhenti biasanya sudah tidak bisa dioperasikan lagi. Untuk itu, anda perlu menutup paksa atau close force aplikasi ini. Anda bahkan bisa mencoba mengeluarkan atau menutup semua software yang sedang berjalan pada latar belakang telepon. Pasalnya, kondisi tersebut biasanya akan membebani RAM dan CPU sehingga menyebabkan beberapa aplikasi error.

  1. Hapus File Cache

Cache merupakan informasi yang dihasilkan oleh software. Cache ini memiliki bentuk seperti history atau temporary. Cache ini bahkan sering disebut file sampah karena seringkali menumpuk pada memori ponsel. Meski demikian, cache tersebut memiliki fungsi dalam mempercepat pembukaan software karena telah terdownload sebelumnya.

Untuk itu, kondisi whatsapp yang telah berhenti dapat disebabkan oleh cache yang menumpuk pada memori ponsel. Tentunya, cara mengatasi masalah ini dapat dilakukan dengan menghapus cache. Anda bahkan perlu mengunjungi menu pengaturan, lalu pilih aplikasi & notifikasi. Setelah itu, pilih aplikasi whatsapp > penyimpanan > hapus cache atau hapus tembolok.

  1. Hapus Data Whatsapp

Begitu pula, kelebihan fitur yang dihadirkan oleh aplikasi ini dapat memudahkan anda untuk menerima dan berbagi data dengan orang lain. Terdapat data audio, gambar, video hingga berbagai file lain. Data-data tersebut memang dapat memudahkan anda dalam memperoleh informasi. Namun, kebanyakan data dapat membuat ponsel menjadi lemot dan whatsapp telah berhenti.

Menanggapi kondisi tersebut, cara mengatasi whatsapp has stopped dapat dilakukan dengan menghapus data aplikasi whatsapp. Anda bahkan hanya perlu membuka menu pengaturan dan memiliki aplikasi & notifikasi. Setelah itu, temukan dan pilihlah aplikasi whatsapp yang anda miliki. Kemudian, pilihlah menu penyimpanan lalu klik hapus data. Jangan lupa tap ok untuk melakukan konfirmasi.

  1. Update Aplikasi

Setiap aplikasi membutuhkan update untuk menyempurnakan fitur yang dimiliki maupun menghilangkan kerusakan atau bug yang terjadi. Software yang telah update ini bahkan seringkali memberikan keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya. Untuk itu, melakukan update software adalah solusi terbaik dalam mengatasi masalah ini.

Cara mengupdate whatsapp dapat dilakukan melalui google play store yang telah tersedia. Ketiklah nama whatsapp pada kolom pencarian. Kemudian, pilih dan klik aplikasi whatsapp yang anda gunakan. Setelah itu, pilihlah menu update yang dihadirkan dan tunggu hingga selesai. Tentunya, anda sebaiknya memiliki sinyal yang kuat untuk menyelesaikan proses ini dengan cepat.

  1. Install Aplikasi Whatsapp

Jika masalah ini tak kunjung terselesaikan, anda dapat melakukan install software ini. Pasalnya, reinstall adalah proses penghapusan aplikasi dan mendownloadnya kembali. Menghapus software ini dapat dilakukan dengan membuka menu pengaturan dan memilih aplikasi & notifikasi. Kemudian, pilihlah aplikasi whatsapp dan klik hapus instalasi.

Setelah itu, anda sebaiknya membersihkan cache telepon dan lakukan restart. Pasalnya, proses ini dapat membuat membuat ponsel anda memperbaiki sistem dan terasa lebih ringan. Selanjutnya, downloadlah aplikasi whatsapp melalui google playstore dengan mengetikkan nama pada kolom pencarian dan klik install.

Itulah beberapa ulasan terkait cara mengatasi aplikasi yang telah berhenti. Lazimnya, cara ini dapat dilakukan dengan mengurangi beban yang harus ditanggung oleh ponsel anda. Selain itu, pembaruan software juga dapat dilakukan untuk memperbaiki kesalahan. Tentunya, Leskompi.com juga menyediakan informasi terkait masalah ini.