Suara Tidak Terdengar? Berikut 4 Cara Mengaktifkan Speaker di Komputer Windows 7

Sound atau speaker pada komputer yang tidak bisa berfungsi atau tidak mengeluarkan suara tentu saja akan mengganggu para penggunanya. Notifikasi yang ada pada komputer atau laptop anda juga bisa saja terabaikan karena biasanya akan muncul bersamaan dengan bunyi yang bisa anda dengarkan melalui sound tersebut. Berikut cara mengaktifkan speaker di komputer Windows 7.

4 Cara Mengaktifkan Sound Komputer dengan Windows 7

  1. Memasang Soundcard dan Jack Audio dengan Benar

Cara pertama yang bisa anda lakukan agar speaker komputer Windows 7 anda dapat berfungsi adalah dengan memasang sebuah soundcard dan juga jack audio dengan tepat. Sound Card adalah sebuah kotak suara yang ada pada komputer milik anda. Kegunaan dari kotak suara tersebut sebagai tempat pengolahan data dalam bentuk suara maupun juga audio.

Data-data audio tersebut kemudian akan dikeluarkan melalui sebuah speaker yang telah dihubungkan dengan komputernya. Disamping itu, soundcard sendiri mempunyai dua jenis yaitu dedicate soundcard dan juga onboard. Biasanya pada dedicate soundcard akan bisa menciptakan kualitas bunyi yang lebih baik, karena soundcard tersebut bekerja dengan maksimal.

Perangkat keras selain soundcard yang juga sangat penting adalah jack audio. Hal ini karena memang hardware tersebut juga mempunyai fungsi untuk menyalurkan suara terhadap speaker yang ada. Oleh karena itu, anda harus memastikan semua kedua perangkat keras tersebut telah dipasangkan dengan benar pada komputernya.

  1. Setting BIOS

Untuk cara mengaktifkan speaker di komputer Windows 7 yang selanjutnya adalah dengan menyetel BIOS (Basic Input Out System) terlebih dahulu. Perangkat lunak yang satu ini yang bekerja untuk mengatur perangkat keras yang terhubung dengan komputer seperti CPU, keyboard, RAM, dan masih banyak lagi. Bios sendiri akan bisa mulai berfungsi setelah komputer tersebut dinyalakan.

Disamping itu anda bisa mengaksesnya secara mudah yaitu hanya dengan menekan tombol keyboard [email protected] dan juga Delete di waktu yang bersamaan. Perintah untuk menampilkan BIOS biasanya akan berbeda pada beberapa merek komputer. Apabila saat anda menyalakan komputernya terdapat “Press F2 to enter setup”, maka anda harus menekan F2 agar bisa mengakses BIOS.

  1. Uninstall Driver dan Update Drive Sound

Adanya pengupdatean sebuah windows biasanya juga akan mempengaruhi versi dari drive sound di komputer anda. Hal ini juga bisa menyebabkan drive tidak bekerja secara kompatibel dengan windows komputernya khususnya Windows 7. Oleh karena itu, anda bisa mengatasinya dengan mengunduh drive sound yang bisa digunakan pada windows tersebut agar speakernya bisa aktif.

Aplikasi yang umum sekali digunakan pada komputer anda yang memiliki versi Windows 7 adalah Realtek Audio Driver. Anda bisa mendownload dan juga menginstall aplikasi drive sound tersebut terlebih dahulu pada komputernya. Jika aplikasi telah terpasang, maka anda bisa mengoperasikannya dengan mulai mencoba membunyikan speaker anda.

  1. Periksa Jumper Sound Mother Board

Cara terakhir untuk mengaktifkan speaker pada Windows 7 adalah dengan memeriksa jumper sound motherboard nya. Anda harus melepaskan front jack audio terlebih dahulu, baru kemudian jumper sound yang ada pada motherboardnya bisa anda pasangkan di komputernya.

Untuk tutorial pemasangannya sendiri bisa anda lihat pada situs-situs yang tersedia pada Google. Anda juga bisa membuka laman https://www.charis.id untuk mempelajari segala masalah yang terjadi pada teknologi-teknologi sekarang ini. Terdapat banyak sekali artikel yang bisa anda baca dan pahami pada situs tersebut.

Adanya permasalah sound speaker yang tidak berbunyi khususnya pada komputer Windows 7 juga merupakan hal yang menjengkelkan. Pada ulasan diatas terdapat berbagai cara untuk mengatasi hal tersebut. Maka dari itu, anda bisa menerapkan caranya agar speaker Windows 7 anda bisa segera aktif dan digunakan.