Cara Mendapatkan Manfaat Jahe untuk Ibu Hamil dengan Aman

Jahe merupakan rempah yang memiliki banyak khasiat, termasuk untuk ibu hamil. Namun, konsumsi jahe pada ibu hamil harus dibatasi karena jika berlebihan justru bisa membahayakan. Nah, berikut akan diuraikan manfaat jahe untuk ibu hamil dan batasan yang aman.

Manfaat Jahe untuk Ibu Hamil dan Aturan Konsumsinya

Sensasi rasa hangat yang dihasilkan oleh jahe merupakan khasiat utama rempah yang satu ini. Kandungan di dalam bahan alami juga kaya akan manfaat. Bagi ibu hamil, jahe bisa memberikan manfaat sebagai berikut.

  1. Menjaga kadar kolesterol, sehingga risiko penyakit jantung yang tentunya sangat berbahaya bagi ibu hamil bisa dicegah.
  2. Mengatasi nyeri otot yangsering dialami ibu hamil, meskipun tidak secara langsung, karena jahe mengandung senyawa yang bersifat anti-inflamasi.
  3. Mengobati batuk dan pilek, sehingga penyakit yang sering menyerang ibu hamil ini bisa diatasi dengan aman dan nyaman.
  4. Mengurangi gejala morning sickness, bisa dikonsumsi dalam bentuk teh maupun ginger ale yang memberikan sensasi hangat sehingga perut terasa nyaman.
  5. Membantu tubuh menyerap nutrisi dengan maksimal, sehingga ibu hamil tidak akan kekurangan gizi untuk diri dan janinnya.

Manfaat jahe untuk ibu hamil memang sangat banyak, tetapi ada efek samping yang harus diwaspadai. Menurut penelitian, batas aman konsumsi jahe untuk ibu hamil adalah empat cangkir minuman jahe dalam kemasan atau 1 sendok teh jahe parut yang diseduh dengan air panas. Hindari mengonsumsi jahe menjelang persalinan.