Cara Mencuci Botol Susu

Botol Susu harus dibersihkan untuk menghindari kuman dan bakteri yang tersisa di dalamnya. Ada beberapa cara efektif membersihkan, yakni dengan mencucinya. Namun beberapa cara mencuci Botol Susu berbeda beda. Nah berikut ini cara mencuci Botol Susu

  1. Cara Mencuci Botol Susu : Merebus

Cara pertama adalah dengan merebusnya. Dengan merebusnya, Botol Susu akan bersih karena suhu tinggi bisa membunuh bakteri dan kuman di dalamnya. Taruh Botol Susu di panci besar terisi diatas kompor. Lalu nyalakan kompor sampai mendidih selama 5 menit lalu matikan dan tunggu sampai dingin. Setelah itu, ambil Botol Susunya lalu goyangkan untuk buang sisa air.

  1. Cara mencuci Botol Susu : Menggunakan bahan kimia

Cara cuci Botol Susu kedua, bisa gunakan bahan kimia tablet maupun cair. Caranya, tinggal bersihkan Botol Susu. Biasanya terdapat panduan pemakaian cairan kimia untuk steril botol ikuti panduan ini.

Lalu,  masukkan Botol Susu  ke panci berisi larutan kimia, tunggu 30 menit. Taruh di sana sampai digunakan lagi  lalu ambil, bilas pakai air bersih dan keringkan dengan mengelapnya pakai air bersih.

  1. Cara mencuci Botol Susu : Mengukus atau menguapkan

Cara mencuci Botol Susu ketiga adalah dengan mengukusnya. Ini juga butuh suhu tinggi seperti cara merebus. Namun untuk mengukus Botol Susu perlu sterilizer atau steamer bisa dibeli di toko bayi atau online.

Sebelum dimasukan ke sterilizer, bersihkan dulu Botol Susunya. Lalu tempatkan Botol Susu dengan posisi ke bawah.

Bagaimana cara mencuci Botol Susu dan menjaganya tetap bersih?

Caranya simpel. Tinggal bersihkan saja Botol Susu pakai air hangat dan sabun setelah dipakai. Bersihkan sisa susu yang ada di dot sebab bisa mengeras dan mengental sehingga sulit jika akan dibersihkan juga menimbulkan bakteri dan kuman.

gunakan sabun pembersih khusus untuk membersihkan fot bayi.Lepas bagian-bagianya agar mudah dibersihkan dan hasilnya lebih maksimal.

Nah itulah tadi cara bersihkan Botol Susu yang bisa anda lakukan. Rajin rajinlah membersihkan agar dot bayi tetap sehat, bersih dan aman untuk si kecil. Sehingga si kecil terlindungi dari bakteri dan kuman. Semoga bermanfaat.