Yuk Intip 5 Cara Menanam Mawar Agar Terlihat Indah Dan Tidak Mudah Mati Di Rumah

Bunga mawar merupakan salah satu tanaman hias yang sangat populer diberbagai kalangan. Warnanya yang bervariasi serta wangi yang semerbak menjadi daya tarik tersendiri, sehingga banyak sekali yang ingin menanamnya. Namun tahukah anda cara menanam mawar agar tidak mudah layu dan mati? Yuk simak selengkapnya pada ulasan berikut ini

Cara Mudah Menanam Bungan Mawar Agar Tidak Mati

  1. Mengenal Bunga Mawar

Untuk menanam bunga yang satu ini diperlukan pengetahuan yang luas terhadapnya, mulai dari jenis, tipe serta keunggulan dan kekurangan masingmasing. Hal tersebut diperlukan agar dapat dengan mudah menyesuaikan cara menanam dan perawatan nantinya. Diketahui bahwa bunga mawar memiliki ragam jenis mulai dari mister Lincoln, rosa canina dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai hal tersebut tentunya anda harus mengetahui seluk beluknya. Selain itu dalam menanam bunga mawar harus memiliki lokasi yang seusia. Pasalnya tidak semua jenis mawar dapat tumbuh dimanapun dengan berbagai iklim. Oleh karena itu, anda sangat disarankan untuk menanyakan langsung pada penjual agar bunga yang ditanam tidak mudah layu dan mati.

  1. Menyediakan Media Tanam

Setelah mengetahui berbagai jenis yang sesuai dengan lokasi dan iklim rumah anda, maka langka selanjutnya adalah menyediakan media tanam. Idealnya tanaman mawar akan dapat tumbuh dengan baik pada kondisi tanah liat dan berpasir serta dengan kandungan litany kurang lebih 20 hingga 30 persen. Kemudian untuk tingkat keasaman yang diperlukan yaitu 5,5 sampai 7,0 pH.

Tidak hanya itu, kriteria tanah yang digunakan juga harus gembur subur dan disertai dengan bahan organik lainnya. Jika anda ingin menanam bunga mawar di dalam pot maka sangat disarankan untuk menempatkan pada posisi yang langsung terkena matahari. Hal ini sangat berguna untuk pertumbuhan mawar agar lebih baik dan indah.

  1. Mempersiapkan Bibit

Setelah cara pertama dan kedua sudah dilakukan dengan baik, maka anda dapat melanjutkannya dengan mempersiapkan bibit tanaman bunga. Untuk bibit yang baik dan berkualitas dapat dilihat dati warna, bentuk yang bagus serta tidak berpenyakit. Agar lebih praktis dan terjamin, maka membelinya pada penjual bunga dapat dijadikan pilihan yang tepat.

Tidak hanya menggunakan benih, penanaman bunga satu ini jaga dapat menggunakan stek. Stek merupakan bibit yang berasal dari batang pohon mawar. Yang mana batang tersebut harus cukup tua dan dipotong dengan panjang kurang lebih 10 cm. Cara yang satu ini tidak memberikan perbedaan yang sangat jauh dengan menggunakan bibit.

  1. Melakukan Penanaman

Jika anda ingin menanam mawar pada pot, maka ingatlah untuk mengisi dasar pot dengan kerikil ataupun pecahan genting. Hal ini dilakukan supaya air yang disiram mudah keluar dan media tanam pun tidak mudah lembab dan becek.  Selanjutnya maka dapat diatas dengan tinggi kira-kira setengah dari pot. Cara menanam mawar satu ini sangat mudah dan ampuh membuatnya subur.

  1. Melakukan Pemeliharaan

Setelah ditanam dengan baik pada pot, maka cara selanjutnya adalah melakukan perawatan dengan rutin. Adapun perawatan yang dapat dilakukan seperti penyiraman dan memberikan pupuk organik yang bisa didapat di pupuknaturalnusantara.net dengan kualitas sangat terjamin untuk menyuburkan tanaman.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menanam bunga mawar di rumah pastikan agar anda mengikutinya dengan baik dan benar agar dapat berhasil dan sukses. Tidak lupa untuk melakukan perawatan yang baik pada tanaman setelah ditanam agar tidak mudah layu dan akhirnya mati.