Cara Membuat Ayam Geprek

Zaman serba modern dan canggih, banyak pertumbuhan anak-anak milenial yang begitu pesat. Banyak dari mereka yang sudah begitu cerdasnya membuka usaha dan mengembangkannya sebagai salah satu bisnis milenial atau kekinian.

Salah satu bisnis kekinian yang bisa kamu temui di beberapa tahun terakhir ini adalah ayam geprek. Siapa sih yang tidak kenal dengan ayam geprek? Sajian milenial yang sempat membuat penasaran ini juga dipertanyakan bagaimana proses membuatnya. Penasaran? Intip cara berikut ini!

Cara Membuat Ayam Geprek

Bahan dan Bumbu yang Diperlukan untuk Membuat Ayam Geprek

Sebelum masuk ke proses bagaimana cara membuat ayam geprek, kamu bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini. Namun, bukankah tidak asik jika membuat suatu masakan tanpa kenal lebih dulu dengan bahan-bahan yang digunakan? Yuk! Berikut ini bahan dan bumbu yang diperlukan.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ayam geprek di antaranya adalah 1 ekor ayam kampung, 2 sdt garam, 2 siung bawang putih, 1 sdt merica bisa pakai yang bubuk atau bundar, dan 1 sdm ketumbar.

Untuk bumbu pelapisnya sendiri kamu juga memerlukan beberapa bahan seperti 1 butir telur ayam, 4 sdm tepung sagu, ½ sdt baking powder, garam secukupnya, lada secukupnya, dan juga merica secukupnya saja.

Selain itu, ada bumbu yang diperlukan untuk membuat sambalnya. Seperti yang sudah kita ketahui, ada banyak bumbu di sini. Mulai dari 4 siung bawang merah, 10 cabai rawit, 3 siung bawang putih, 1 buah tomat, garam dan gula secukupnya saja.

Proses Pembuatan Ayam Geprek

Bukankah tidak cukup hanya dengan menyiapkan bumbu-bumbu dan bahan untuk membuat ayam geprek tanpa melakukan proses pembuatannya? Kalau begitu nantinya tidak akan jadi ayam geprek, dong! Oleh karenanya, kamu perlu baca artikel ini sampai selesai.

Ada beberapa proses yang harus kamu lakukan dalam pembuatan ayam geprek. Tenag saja, langkah ini tidak ribet, kok. Hanya saja di sini ada dua proses dalam pembuatan ayam geprek, mulai dari proses pada ayamnya kemudian proses pada memasaknya.

Di sini kita mulai orises di ayamnya duku, silahkan kamu potong-potong ayam menjadi beberapa bagian. Bisa 8 – 12 bagian, kemudian cuci ayam di bawah air mengalir sampai bersih. Setelahnya sisihkan dan lumuri dengan bumbu halus. Lakukan pengukusan sampai setengah matang.

Siapkan tepung, telur, garam dan merica, campurkan menjadi satu kemudian diaduk. Jika sudah, silahkan untuk membalurkan ayam yang sudah dikukus tadi ke dalam telur baru ke dalam tepung. Lakukan semuanya sampai tuntas, baru digoreng dengan menggunakan api sedang.

Pastikan ayam yang digoreng tidak gosong, ya! Meskipun kamu inginnya ayam cepat matang, tahan untuk tidak menggunakan api yang besar karena bisa membuat bagian luarnya cepat kering dan gosong. Silakan gunakan saj api sedang. Masak sampai matang sempurna lalu sisihkan.

Selain proses di atas, kini kamu juga perlu mengikuti proses untuk membuat sambalnya. Ayam geprek pedas bukan? So, kamu tinggal menghaluskan semua bumbu-bumbu yang tersedia, yakni bumbu untuk sambalnya.

Jika sudah, silahkan kamu tumis kemudian kamu perlu mengaduknya sampai tumisan jadi terasa harum. Setelah itu, silahkan kamu tambahkan dengan garam dan gula untuk menambah cita rasa yang lezat pada ayamnya. Jika sudah, angkat sajikan di atas ayam gorengnya. Maka jadilah ayam geprek yang lezat!

JIka kamu ingin membuka usaha rumah makan ayam gekrep jangan lupa untuk selalu update Harga Ayam Broiler Hari Ini terbaru ya!