Cara Memasukkan Voucher Indosat

Meski hanya salah satu cara yang dapat digunakan untuk menambah paket internet maupun layanan lainnya, voucher cukup digemari bahkan hingga saat ini ketika orang-orang mulai berpindah ke transaksi online.

Saat membeli voucher, Anda tidak akan dapat menggunakannya secara langsung, melainkan harus mengaktifkannya terlebih dahulu menggunakan kode unik yang terdapat pada voucher. Kode tersebut biasanya disembunyikan dengan hologram yang akan rusak jika digosok menggunakan koin.

Setelah mengetahui kode unik voucher yang berjumlah 14 digit, baru Anda dapat mengaktifkan atau memasukkannya. Menurut situs portaljawa, cara memasukkan voucher Indosat ada tiga, yaitu sebagai berikut:

  1. Menggunakan USSD

USSD merupakan kependekan dari Unstructured Supplementary Service Data. Bentuknya berupa kode yang dapat digunakan untuk mengakses informasi dari provider. Teknologi ini digunakan oleh operator atau provider untuk mencegah penipuan.

Kode USSD biasanya diawali dengan bintang (*) dan diakhiri dengan pagar (#). Kode ini kerap digunakan untuk mengecek pulsa. Namun, USSD juga dapat digunakan untuk berbagai hal lain karena umumnya mencakup banyak pilihan menu sekaligus.

Salah satu di antaranya adalah menu yang dapat digunakan untuk memasukkan atau mengaktifkan voucher Indosat agar dapat digunakan. Anda dapat memasukkan voucher Indosat dengan menggunakan menu panggilan untuk memasukkan kode USSD khusus serta kode pada voucher.

Kode USSD yang dapat digunakan untuk memasukkan voucher biasanya terdapat pada kemasan voucher, lengkap dengan tutorial cara mengaktifkannya. Namun, jika Anda tidak dapat menemukan tutorialnya pada voucher, maka Anda dapat mengikuti tutorial berikut.

Pertama, gosok voucher pada bagian hologram berwarna abu-abu, yaitu bagianĀ  yang menutupi kode voucher. Selanjutnya, buka aplikasi yang biasa digunakan untuk menelepon. Ketik kode USSD terlebih dahulu, yaitu *556* kemudian diikuti dengan nomor atau kode voucher. Contohnya *556*98765532121535#.

Jika sudah, lanjutkan dengan menekan tombol Call. Ketika ponsel mendapatkan notifikasi tentang pulsa atau kuota yang sudah masuk, maka proses memasukkan voucher sudah berhasil.

  1. Menggunakan Aplikasi MyIM3

Jika Anda memiliki aplikasi MyIM3 serta ponsel yang terhubung dengan jaringan internet, Anda dapat menggunakan cara lain untuk memasukkan atau mengaktifkan voucher. Caranya tidak sulit karena Anda hanya perlu menggunakan menu Isi Ulang yang terdapat pada aplikasi MyIM3.

Sebelum dapat melakukan pengisian voucher, Anda perlu memastikan bahwa aplikasinya sudah diunduh dan dipasang di ponsel Anda. Setelah itu, baru dilanjutkan dengan registrasi dan login ke aplikasi MyIM3. Cari Isi Ulangpada menu utama kemudian klik hingga Anda masuk ke suatu halaman yang terdiri dari dua kolom.

Kolom pertama adalah tempat untuk nomor yang akan menerima voucher, sedangkan kolom kedua adalah tempat untuk kode unik voucher. Oleh karena itulah Anda perlu mengisi kolom pertama dengan nomor Anda sendiri jika memang berniat mengisi voucher untuk diri sendiri.

Pada kolom kedua, isi dengan kode unik voucher yang jumlahnya 14 digit. Pastikan untuk mengisinya dengan benar. Pasalnya, voucher tidak akan masuk apabila Anda memasukkan kode voucher yang salah. Oleh karena itulah Anda perlu memeriksanyalagi sebelum menekan tombol Call.

Menurut situs portaljawa, cara memasukkan voucher Indosat melalui aplikasi tidak hanya dengan mengetik 1 digit kode voucher. Anda juga dapat melakukannya dengan memanfaatkan fitur scanner dan kamera ponsel. Caranya adalah dengan memilih Isi Ulang kemudian gunakan scanner untuk memindai kode voucher secara langsung.