Cara cuci Clodi

 

Cara Mencuci Clodi yang Benar, Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini!

Clodi (cloth diaper) merupakanbpopok yang bisa dicuci dan dipakai ulang. Klodi dipakai karena lebih ramah lingkungan dan lebih hemat. Lalu bagaimana car mencuci klodi?

1. Siapkan bak khusus untuk clodi

Pertama, Clodi dibersihkan dulu dari sisa poop bayi. Basuh clodi pakai air mengalir untuk hilangkan sisa pipis dan sisa poop si keci.  setelah itu rendam di bak khusus  dengan air biasa selama 10 menit untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran.Siapkan juga bak khusus clodi biar kotoran tak tercmpur pakaian lain. Banyajnya clpdi direndam juga tam bikin bak terlalu penuh.

2. Mencuci clodi dengan tangan

Setelah clodi direndam, siapkan bak berisi air hangat dan detergen khusus pakaian bayi.. Lalu bilas clodi pakai air detergen tadi sambil dikucek sampai  bersih. Saat closi bersih, bilas sekali lagi pakai air dan peras. Lalu keringkan atau dijemur.

3. Mencuci clodi dengan mesin cuci

Jangan campur clodi dengan baju pakaian lain di mesin cuci. Masukan clodi ke  mesin cuci gunakan detergen. Jangan gunakan air terlalu panas sebab bisa rusak kualitas kain clodi. Keringkan oakai dryer setelah selesai dicuci. Jemur dan gantunh closi dibawah sinar matahari langsung.

4. Proses pengeringan

Dijemur di terik matahari langsung adalah cara cukup baik dalam mengeringkan clodi walaupun misalnya sudah dikerinhkanmenggunakan dryer mesin cuci. Namun jika dirasa masih lembab sebaiknya clodi memang dijemur langsung dibawah terik.Ketika menjemurnya bisa digantung pakai jepit jemuran biar kena angin yang bisa membuat clodilebih cepat kering.

5. Clodi harus segera dicuci

Sebaiknya clodi harus selalu dicuci setelah setiap kali digunakan. Jangan tunda terlalu lama merendam atau membiarkan clodi menumpuk. Hal ini akan membuat noda noda dan kuman bersarang dan kemungkinan akan susah dihilangkan atau dibersihkan.