Baju Adat Malang

 

Deskripsi

Jawa Timur menjadi salah satu provinsi di Pulau Jawa yang mempunyai wilayah yang terluass dan menyimpan ciri khas daerah yang unik dan juga menarik.

Artikel

Salah satu keunikan dari Jawa Timur yakni baju adat Malang, dan saat ini baju adat menjadi bagian yang berguna untuk menunjang penampilan agar ingin tampil modis. Selain itu baju adat malang banyak berbagai kombinasi yang semakin banyak diminati.

Baju Adat Malang

Ada beberapa baju adat Malang yang dapat anda ketahui, yaitu:

  1. Baju Manten

Baju manten atau yang disebut juga dengan pakaian Mantenan. Untuk model pakaian seperti pakaian kebesaran raja jawa pada jaman dahulu. Pakaian ini terbuat dari kain beludru hitam serta benang emas yang sebagai dominasi motifnya. Hal ini menjadi sebuah perpaduan yang tepat. Pengantin wanita menggunakan kemben pada bagian dalam dan setelah itu memakai baju manten. Untuk sanggulnya seperti pada sanggul khas jogja, akan tetapi memiliki keunikan serta kekhasannya. Sedangkan pengantin pria menggunakan beskap hitam, dengan potongan yang tidak lurus di bagian depan serta belakang, dan lebih panjang depannya.

  1. Sarung Bahan

Baju adat jawa timur ini yang digunakan untuk wanita.  Dengan menggunakan sarung bahan tersebut sebagai selendang pelengkap kebaya yang digunakan. Biasanya kebaya yang digunakan yaitu yang berwarna gelap maupun yang netral. Sedangkan untuk warna Sarung Bahan juga harus cerah serta mencolok dibandingkan dengan warna kebayanya. Kain yang digunakan untuk Sarung Bahan ini yaitu kain sutera. Akan tetapi, ada juga yang terbuat dari satin atau kain katun.

 

Bagi anda yang belum mengetahui tentang baju adat Malang, mungkin beberapa penjelasan diatas dapat menambah wawasan anda.