Asal Usul Putri Duyung

Putri duyung seringkali digambarkan dengan manusia yang cantik namun memiliki ekor layaknya ikan. Lantas benarkah putri duyung ada di dunia nyata. Dan jika hanya mitos lantas darimana asal usul putri duyung.

Yuuk simak bersama penjelasan singkat berikut ini.

Legenda Putri Duyung

Legenda asal usul Putri Duyung muncul dalam berbagai cerita didunia. Dalam sejarah legenda putri duyung berasal dari Syria Kuno yang terjadi pada tahun 1000 SM.

Dalam legenda tersebut diceritakan bahwa putri duyung muncul dikarenakan ada seorang wanita yang bernama Atargatis yang nekat menceburkan ke laut karena membunuh penggembala yang ternyata adalah kekasihnya sendiri.

Karena ia merasa malu dengan membunuh kekasihnya, maka menceburkan diri ke laut. Namun karena paras Atralgia yang sangat cantik maka air laut hanya mengubah tubuhnya menjadi separuh ikan.

Namun berbeda ceritanya di Babilonia. Masyarakat di Babilonia menyembah putri duyung yang dibaratkan sebagai dewa laut. Disebutkan bahwa putri duyung tersebut seringkali bernyanyi untuk menggoda para pelaut.

Karena nyanyian putri duyung memiliki kekuatan mistis sehingga banyak pelaut yang terpikat ketika mendengar suaranya. Sehingga banyak orang yang mencari suara itu dan menjadi tewas tenggelam di lautan.

Namun sampai saat ini asal usul putri duyung masih menjadi misteri. Ada mitos di Inggris yang mengatakan bahwa di daerah Cornwall ada batu yang menjadi tempat duduk Putri Duyung yang ditempat tersebut diyakini menjadi tewasanya seoarang nelayan lokal.