Asal Usul Dewa Siwa

Dewa siwa atau juga bisa disebut maha dewa merupakan salah satu dewa di agama Hindu dan merupakan dewa tertinggi di agama tersebut. dewa ini juga banyak memiliki pemuja. Sehingga pasti dari kita semua penasaran dari mana asal usul nama dewa siwa ini.

Nama dewa siwa di dalam kitab suci Hindu adalah rudra. Ada beberapa versi cerita dari asal usul nama ini bergantung dari kitabnya. Nah kita akan membahas satu persatu nih, asal usul nama rudra.

  1.     Menurut markandeya purana

Suatu hari brahma sangat menginginkan keturunan. Kemudian brahma pergi bertapa untuk beberapa lama. Di tengah tengah dia melakukan pertapa, tiba tiba muncul seorang anak di pangkuannya. Anak tersebut memiliki kulit dengan warna merah kebiruan.

Anak tersebut menangis dan tidak berhenti berhenti. Kemudian anak tersebut ditanya oleh brahma alasan anak tersebut menangis, kemudian anak tersebut menangis karena tidak memiliki nama. Akhirnya brahma memberikannya nama rudra. Namun, anak tersebut masih menangis sehingga brahma memberikannya nama berkali kali sampai anak tersebut berhenti menangis. Diceritakan brahma memberi nama sampai 8 kali.

  1.     Kitab satapatha brahmana

Suatu hari ada anak yang terus terusan menangis sejak ia lahir. Usut punya usut ternyata anak tersebut menangis karena tidak diberi nama oleh keluarganya. Akhirnya prajapati memberi nama anak tersebut dengan nama rudra, dari kata rud yang artinya menangis.

  1.     Kitab weda samhita

Pada suatu hari brahma sangat marah kepada anak anaknya karena tidak mau menghargai arti penciptaan dunia. Di tengah kemarahannya, kening brahma tiba tiba mengeluarkan anak yang sangat bercahaya seperti matahari yang kemudian diberi nama rudra.