Mengulik Arti Warna Oranye dan Sifat Unik yang Dimilikinya

ga atau yang biasa disebut dengan warna oranye adalah salah satu perpaduan dari warna merah dan kuning. Umumnya, warna satu ini dikenal sebagai warna buah jeruk yang matang. Untuk anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai arti warna oranye, maka anda pun bisa menyimak ulasan selengkapnya berikut ini.

Warna Jingga Menurut Sisi Psikologi

Jika berbicara mengenai warna oranye, maka dalam sisi psikologi warna satu ini memiliki arti kegembiraan dan juga kreativitas. Biasanya oranye akan memiliki kesan rasa kesejahteraan dan juga energi emosional yang harus dibagi kepada orang lain. Sebut saja seperti gairah, kehangatan dan juga kasih sayang.

Dengan melihat warna oranye juga kerap kali dikatakan dapat membantu seseorang menjadi pulih dari rasa kecewa dan juga hati yang terluka. Hal ini dikarenakan warna oranye memiliki kesan yang penuh dengan semangat. Sebab, oranye sendiri terbentuk dari warna merah dan juga warna kuning.

Seperti yang diketahui warna merah merupakan salah satu warna yang melambangkan semangat dan energi. Sedangkan warna kuning akan menimbulkan ketenangan. Sehingga arti warna oranye akan sangat berkaitan dengan warna warna pembentuknya yakni merah dan kuning.

Selain itu, warna satu ini juga terbilang memiliki visibilitas yang cukup tinggi dan kerap kali dipakai untuk mendapatkan perhatian. Sehingga apabila anda ingin memberikan perhatian kepada orang tersayang tidak ada salahnya untuk memberikan hadiah dengan warna oranye yang kalem ini.

Sifat Unik Dari Warna Oranye

Tak hanya memiliki makna yang bagus, warna satu ini juga memiliki sifat yang unik paa budaya yang ada di dunia. Untuk beberapa negara yang memiliki empat musim di dalamnya, maka warna oranye dapat berarti musim gugur. Selain itu, warna satu ini juga kerap kali dikaitkan dengan vitamin C dan juga kesehatan yang baik.

Bahkan banyak anak yang tertarik dengan warna satu ini. hal unik lainnya di Eropa sendiri, warna oranye tidak memiliki nama tersendiri atau nama khusus hingga ke abad 16. Umumnya, warna satu ini hanyalah disebut dengan warna kuning merah saja. kemudian, oranye dinamakan berdasarkan nama buah jeruk yang dibawa ke Eropa dari Asia oleh pedagang Portugis.

Sehingga dalam beberapa negara, Inggris menyebutnya oranye, orang Spanyol menyebutnya naranja, Italia menyebutnya dengan arancia dan untuk Portugis menyebutnya dengan laranja. Di dalam kebudayaan bangsa tertentu, warna satu ini memiliki makna tersendiri. Contohnya di Belanda, yang mana warna oranye adalah warna lambang keluarga kerajaan Belanda.

Bahkan oranye sendiri merupakan warna nasional dari Belanda. Selain itu, di Amerika Serikat sendiri, oranye adalah warna seragam penjara dan untuk di Indonesia, warna oranye juga kerap kali digunakan sebagai seragam untuk pelaku korupsi. Kemudian, di dalam agama Hindu dan Budha, oranye atau saffron adalah warna yang suci dan dianggap sebagai keberuntungan.

Ada pula di negara China dan Jepang, Oranye dapat berarti melambangkan bahagia dan cinta. Bahkan dua seniman dunia yakni Toulouse Lautrec dan Van Gogh juga merupakan seniman yang menyukai adanya unsur warna oranye di dalam lukisannya. Sehingga warna ini memang banyak disukai oleh kalangan di dunia.

Warna gradiasi adalah tingkatan dari warna tertentu, dalam oranye sendiri juga memiliki tingkatan yakni oranye dengan warna yang pekat dan juga warna yang pucat. Hal ini tergantung dari banyaknya anda mencampurkan warna merah atau warna kuning sehingga membentuk warna oranye yang anda kehendaki.