Romansa Cinta dan Arti dari Bunga Mawar Merah

 

Romansa percintaan selalu lekat dengan tampilan merah dan merah muda. Dua unsur warna ini menyatu begitu saja, menciptakan kesan mendalam akan sebuah rasa cinta. Hal utama yang terlintas dipikiran, saat berbicara mengenai hal itu adalah mawar merah. Diakui atau tidak, bunga mawar menjadi simbol percintaan yang paling banyak digunakan. Tumbuhan yang satu ini sering hadir diberbagai acara besar yang bernuansa kasih sayang. Misalnya saja, memeriahkan acara pernikahan, hari kasih sayang, sampai dengan pengungkapan perasaan sayang seorang anak kepada orang tuanya. Penerimaan bunga mawar mewar bukan sekedar diberikan kepada pasangan. Melainkan, mempunyai penerima yang lebih beragam.

Kabar menyenangkannya sekarang, sudah banyak toko bunga yang bermunculan. Banyak dari mereka yang menghadirkan koleksi karangan bunga yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Misalnya saja, papan bunga Banjarmasin yang siap memberikan karangan bunga dengan desain super cantik. Selain itu, Anda dapat memilih sendiri jenis bunga yang diinginkan. Mulai dari mawar merah, mawar putih, tulip, hingga jenis bunga lainnya. Selain indah dan cantik, mawar semakin populer karena makna yang dimilikinya. Dimana merah selalu dilambangkan untuk menyatakan semangat serta gairah. Bahkan banyak yang mengartikan mawar dengan kedalam cinta sejati.

Meskipun begitu, Anda dipersilakan memilih jenis bunga lain yang tidak kalah menarik. Misalnya saja, bunga tulip yang tersedia dalam berbagai jenis warna berbeda. Menurut beberapa sumber, bunga tulip berasal dari Belanda dan tersebar dengan cepat dibeberapa negara. Persebaran ini terjadi, sebab tulip mempunyai proses pertumbuhan yang terbilang cukup cepat dan mudah. Berbeda halnya dengan jenis bunga Edelwies yang membutuhkan kawasan tertentu. Hal tersebut yang kemudian, pengembangan bunga tulip bisa terlihat diberbagai negara termasuk Indonesia. Nah, bagaimana dengan makna dari bunga tersebut?

Pada intinya, tulip memiliki arti ketulusan cinta. Tetapi pengartian itu menjadi terpecah karena tulip memiliki warna yang berbeda-beda. Seperti warna merah muda yang diartikan sebagai lambang kelembutan serta kepolosan cinta. Selanjutnya, untuk warna ungu pada bunga tulip dimaknai dengan lambang kerajaan dan kemakmuran. Karangan bunga dengan warna ungu sangat cocok bagi Anda yang ingin memberi selamat atas pencapaian seseorang. Sedangkan untuk warna kuning, diartikan sebagai bentuk penolakan ataupun cinta bertepuk sebelah tangan. Terakhir, warna merah yang berarti gairah cinta.

Perbedaan ini cukup menarik, mengingat bunga tulip mempunyai karakteristik yang mudah untuk ditemukan. Berbeda cerita dengan bunga Edelwies yang dipadati oleh keabadian cinta dan apapun mengenai perjuangan sekaligus pengorbanan. Konteks ini tercipta begitu saja, sebab bunga Edelwies membutuhkan proses yang lebih panjang untuk tumbuh. Setelah memperhatikan detail dari dua jenis bunga unggulan. Sekarang, saatnya kembali berbicara mengenai mawar merah. Bukankah Anda termasuk penggemar dari bunga tersebut? jika iya, tidak ada salahnya untuk mempelajarinya lebih dalam tentang kecantikan bunga mawar.

Menarik: Inilah 7 Makna dari Bunga Mawar

Pada dasarnya, mengekspresikan perasaan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu alternatif paling banyak digunakan adalah melalui pemberian bunga. Hal tersebut yang kemudian menciptakan istilah, say it with flower. Ungkapan ini menjadi masuk akal karena terkadang, ucapan tulus dan penuh kasih sayang tidak mampu terungkap dengan benar. Keadaan itu yang membuat Anda membutuhka media lain untuk mengungkapkan semuanya dengan benar. Nah, untuk pemberian bunga tidak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya, setiap warna pada bunga mempunyai makna yang berbeda-beda. Apalagi bagi Anda yang ingin memberikan bunga mawar, tentu dituntut untuk paham dengan makna dari pemberian tersebut. Nah, bagi Anda yang masih bingung dengan arti dari setiap warna pada bunga mawar. Berikut penjelasan lengkap akan hal tersebut:

  1. Mawar merah

Popularitas mawar tercipta dari keunggulan warna merah. Bunga mawar dengan warna merah selalu identik dengan gairah dan cinta yang membara. Keeksotisan mawar ini kian tak terbendung, sebab lapisan kelopak yang bertumpuk elegan. Tidak hanya itu, mawar merah juga erat dengan makna pengabdian serta penghormatan. Biasanya, mawar merah menjadi pilihan paling tepat bagi para pria yang berjiwa romantis. Hal tersebut terjadi karena bunga ini tidak diberikan begitu saja. Pasti proses pemberian akan diselengi dengan satu dua baris kalimat yang diucapkan untuk memuji pasangan. Mawar merah menjadi item paling sempurna sebagai pemanis momen percintaan.

  1. Mawar kuning

Berbeda dari makna bunga tulip kuning yang berarti penolakan. Mawar dengan warna kuning ini, diartikan sebagai bentuk sukacita. Keceriaan akan sebuah perasaan yang membuat hari kian berwarna. Meskipun begitu, mawar kuning tidak diunggulkan untuk menyatakan perasaan kepada lawan jenis. Warna tersebut lebih ditujukan untuk mengucapkan terimakasih pada orang-orang yang selama ini peduli. Misalnya saja, teman ataupun sahabat. Bagaimanapun, nuansa kasih dalam ranah pertemanan tetap perlu dihargai dengan ungkapan yang manis. Mawar kuning mampu mengungkapkan semuanya dengan sempurna, tanpa Anda membuang waktu lama untuk menulis surat persahabatan.

 

  1. Mawar pink

Tidak kalah menyejukan dari mawar merah, mawar merah puda juga menampilkan kesan percintaan yang lembut serta menyenangkan. Bunga tersebut memberikan simbol tentang rasa bahagia dan bersemi yang terus mengubah hari. Biasanya, pemberian mawar ini akan sangat cocok bagi pasangan yang baru menjalin hubungan. Selain itu, Anda bisa memilihnya untuk menyempurnakan penyataan perasaan yang akan dilakukan. Tidak perlu banyak bicara, mawar pink telah mengungkapkan dengan jelas bahwa Anda menyukainya. Bukankah hal semacam ini sangat romantis?

  1. Mawar putih

Selanjutnya, pernyataan perasaan tanpa syarat selalu dilambangkan dengan warna putih. Mawar putih juga mempunyai kesan serupa. Dimana Anda bakal berada pada makna cinta yang suci sekaligus bersih. Selain sebagai lambang perasaan yang damai dan bersih, mawar putih sering muncul untuk melambangkan dukacita. Pemberian bunga mawar putih untuk kepergian seseorang menjadi mengharukan. Pasalnya, simbol tersebut menjadi harapan kedamaian untuk mereka yang telah berpeluang di sisi sang pencipta. Disisi lain, mawar putih menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang ingin mengungkapkan rasa peduli yang teramat dalam. Langkah menuju hubungan yang lebih serius, dan menjadi pengambaran paling tepat bagi Anda yang tidak ingin membuang cinta tersebut begitu saja.

  1. Mawar hijau

Warna hijau identik dengan pelambangan kesuburan dan kesejahteraan. Hal serupa juga terjadi pada bunga mawar hijau. Biasanya, bunga ini akan cocok bagi Anda yang ingin menghibur mereka yang sedang bersedih. Pasalnya, mawar hijau memberi harapan akan masa depan yang lebih cerah. Selain itu, bunga mawar hijau juga menunjukan rasa cemburu pasangan. Jadi, Anda mesti memperhatikan perbedaan arti ini dengan benar. Setidaknya, jangan sampai orang yang Anda beri bunga tersebut tidak rancu akan maksut pemberian bunga itu.

  1. Mawar hitam

Tanpa banyak dijelaskan, hitam selalu melekat pada kesan gelap dan menyeramkan. Bunga-bunga dengan warna hitam kerap dihindari karena maknanya yang kurang baik. Walaupun seperti itu, tidak bisa dimungkiri jika bunga mawar hitam tetap diminati. Setidaknya, bunga ini menjadi item yang tepat bagi Anda yang ingin mengambarkan kesedihan yang melanda. Anda dapat memilih bunga tersebut untuk hal-hal yang memang menyedihkan. Selain itu, bunga mawar hitam mempunyai kesan positif yaitu pelambang kebangkitan. Jenis bunga ini akan cocok bagi Anda yang memang memiliki pemikiran terbuka pada semua hal yang terjadi.

  1. Mawar biru

Terakhir, bunga mawar biru yang mempunyai arti unik. Ungkapkan perasaan Anda kepada mereka yang mempunyai kepribadian istimewa dengan bunga mawar ini. Mawar biru mempunyai simbol kekaguman terhadap seseorang, bahwa dia adalah satu-satunya orang yang selama ini dicari. Pilihan bunga tersebut sangat cocok untuk diberikan kepada mereka yang pada dasarnya tidak terlalu suka pada bunga.

Karakteristik dari Bunga Mawar Merah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa bunga mawar mempunyai tingkat warna yang berbeda-beda. Kebanyakan dari jenis mawar memiliki konsep dan makna yang tak sama. Hal tersebut yang kemudian, membuat Anda untuk lebih selektif memilihnya. Setidaknya, jangan sampai Anda memberikan pujaan hati dengan mawar dengan warna hitam ataupun hijau. Pasalnya, kedua warna itu mempunyai tempat tersendiri bagi mereka yang memang memperlukan. Nah, setelah melihat perbedaan yang ada. Sekarang, saat belajar tentang karakteristik dari bunga mawar itu sendiri:

  1. Genus rosa

Ciri pertama yang langsung terlihat dari bunga mawar adalah genus rosa. Bunga mawar merupakan tanaman semak yang memang cantik dengan sendirinya. Bunga dengan jenis ini, mempunyai tinggi 2 hingga 5 meter. Bunga tersebut memiliki 5 helai daun mahkota, dan beberapa diantaranya hanya mempunyai 4 helai.

  1. Mempunyai duri

Ungkapan perasaan yang lembut dan bergairah pada bunga mawar merah, dilengkapi oleh duri yang mengait batang. Duri ini dijadikan sebagai pegangan sewaktu memanjat tanaman lainnya.

  1. Mudah tumbuh

Hal lain yang juga disukai dari bunga mawar adalah proses tumbuh kembang yang mudah. Bunga ini bisa tumbuh subur di daerah dengan iklim sedang, sehingga bukan hal aneh jika bunga jenis ini bisa ditemukan dihampir semua negara. Umumnya, mawar digolongkan sebagai mawar liar ataupun wild rose. Namun, untuk kawasan Indonesia paling banyak ditumbuhi oleh jenis Hybrid Tea dan Medium.

  1. Warna yang beragam

Hampir sama dengan tulip, bunga mawar juga tersedia dalam berbagai warna unggulan. Anda bisa memilih warna merah, putih, kuning, sampai dengan merah muda. Setiap warna mempunyai makna yang berbeda. Nah, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Contoh, bagi Anda yang baru merasakan cinta bersemi. Silakan untuk memilih bunga mawar dengan warna merah muda. Pilihan lainnya adalah mawar putih yang lekat dengan arti kesucian yang tulis.

  1. Simbol percintaan yang romantis

Hal yang romantis kerap dikaitkan dengan bunga. Pengungkapan perasaan semakin jelas, dan menyenangkan karena bunga menjadi simbol yanng terus melekat pada mereka yang menginginkan ketulusan cinta. Selain itu, Anda bisa menunjukan perasaan kepada sahabat ataupun orang yang mendukung dengan warna bunga yang berbeda-beda. Nah, bagi Anda yang membutuhkannya tidak perlu khawatir. Pasalnya, kini mulai bermunculan toko bunga yang siap memberikan karangan bunga super cantik.