Acara Kenegaraan Wajib Memiliki Protokoler

Protokoler adalah aturan yang ada dalam sebuah acaar yang perannya sanagt krusial dalam menyukseskan sebuah kegiatan baik yang sifatnya formal maupun non formal. Biasanya protokoler dilakukan oleh organisasi atau institusi. Dan yang menjadi petugas protokoler nanti akan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan mengelola kegiatan demi menjaga agar citra dan kredibilitas dari sebuah institusi tetap baik. Begitu halnya dengan acara kenegaraan. Acara ini akan berlangsung lancar dan optimal jika dibingkai dalam perencanaan atau persiapan yang optimal. Karena seperti yang kita tahu, jika kita melaksanakan sebuah acara tanpa melakukan perencanaan yang baik tentu acara yang akan dilaksanakan nanti akan menjadi gagal.

Pentingnya Protokoler dalam Acara Kenegaraan

Protokol adalah aturan dalam acara resmi atau acara kenegaraan yang amengatur aturan tata tempat, upacara, tata penghormatan sesuai jabatan atau kedudukannya dalam masyarakat, pemerintah maupun negara. Sedangkan protokoler adalah seseorang yang akan amengatur pelaksanaan dari sebuah acara atau kegiatan. Bukan perkara mudah untuk menjadi seseorang protokoler ini karena kamu harus punya kemampuan dan kepribadian sesuai syarat yang diberikan. Pertama, kamua harus memiliki kepekaan dan ketelitian yang tinggi. Kamu juga harus punya wawasan yang luas mengenai sebuah ilmu di bidang tertentu. Kamu juga harus punya penampilan menarik dan selalu tampil prima. Tidak hanya cerdas saja, tapi seorang protokoler pun harus memiliki insting yang tajama. Dan pastinya protokoler juga harus punya diri yang positif. Petugas protokoler nantinya akan menjadi jembatan kombinasi antara satu orang dengan orang lain atau bahkan antar lembaga. Karena itu, penampilan protokoler harus dipikirkan dengan baik karena dialah yang akan menjadi citra baik bagi dirinya sendiri maupun citra lembaga yang saat itu diwakilkannya.

Dalam acara kenegaraan, adanya protokoler tentu sangatlah penting. Karena acara kenegaraan akan membutuhkan manajer atau pengelola kegiatan service atau pelayanan yang berkaitan dengan tata acara, tempat, penghormatan dalam sebuah acara kenegaraan ataupun acara resmi. Kemudian, manajemen keprotokolan juga dibutuhkan supaya penyelenggaraan acara kenegaraan dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan kualitas yang baik pula serta memberikan kepuasan kepada orang-orang yang terlibat di dalamnya. Pimpinan dalam hal ini memiliki hak untuk dihormati tidak hanya di dalam kantor saja tapi juga di luar kantor. Biasanya, protokol acara memiliki beberapa komponen mulai dari persiapan dimana petugas yang akan menjadi protokoler harus melakukan riset dulu dengan mengumpulkan beberapa data atau informasi terkait dalam hal lokasi, dana, tim pelaksana dan masih banyak lagi. Kemudian pengaturan ruang yang akan digunakan untuk acara. Selanjutnya, komponen tata upacara dimana ada beberapa poin yang akan diperhatikan seperti jenis kegiatan, bahasa pengantar dan materi yang akan disampaikan serta masih banyak lagi komponen lain yang akan menjadi tugas dari seorang protokoler.

Sifat Acara yang Harus Ada Protokoler

Ternyata tidak semua acara yang akan membutuhkan protokoler ini karena hanya ada beberapa sifat acara saja seperti acara kenegaraan dimana acara ini diatur dan diselenggarakan negara yang akan dilaksanakan panitia negara dan diketuai Menteri Sekretaris negara. Acara ini juga akan dihadiri oleh Presiden dan Wakil Presiden atau salah satunya beserta para undangan yang lain. Jadi tidak semua acara membutuhkan protokoler di dalamnya. Nah, jika kamu diundang ke acara kenegaraan, kamu bisa kirim karangan bunga yang cantik dari Florist Batam.