3 Rekomendasi Bahan Alami Untuk Mengatasi Rematik Pada Kaki. Apa Saja?

Rematik atau Rheumatoid Arthritis (RA) merupakan permasalahan pada bagian persendian yang kaku. Pasalnya, orang yang mengalami masalah ini akan merasakan nyeri, panas hingga pembengkakan. Tak ayal jika masalah rematik dapat menghambat aktivitas. Terlebih lagi jika terjadi pada bagian kaki. Maka dari itu, berikut bahan alami sebagai cara mengatasi rematik pada kaki.

Bahan Alami Untuk Mengatasi Rematik Pada Kaki

  1. Minyak Ikan

Dilansir dari tirto.id, penggunaan minyak ikan sebagai bahan alami untuk mengatasi rematik sudah banyak dibuktikan melalui beberapa penelitian. Pasalnya, penderita rematik perlu menambahkan suplemen minyak ikan pada menu makanan harian untuk mengatasi rasa sakit yang ditimbulkan. Adan bisa menggunakan minyak ikan dari tuna, salmond, cod dan lainnya.

  1. Minyak Nabati

Minyak nabati juga memiliki fungsi yang sama layaknya minyak ikan. Minyak yang mengandung asam gamma-linolenat ini mampu memberikan sedikit kelegaan sehingga dapat membantu mengurasi rasa sakit akibat rematik. Terlebih lagi bagi anda yang sering mengalami kekakuan pada persendian kaki ketika pagi hari.

  1. Kunyit

Selain itu, cara mengatasi rematik pada kaki dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kunyit. Pengobatan dengan cara ini dapat anda lakukan dengan memilih suplemen yang mengandung kunyit sebagai tambahan makanan. Meski demikian, obat yang satu ini perlu dihindari oleh orang yang menggunakan pengencer darah.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah rematik. Meski demikian, beberapa aktivitas seperti olahraga, yoga dan relaksasi sangat dibutuhkan agar masalah rematik tidak mengganggu aktivitas. Anda sangat disarankan untuk menghubungi dokter apabila kondisi ini semakin memburuk.