3 Pilihan Jalur Pendakian Gunung Sibayak

Terletak di Sumatera Utara, selain Gunung Sinabung, Anda juga bisa mendaki Gunung Sibayak. Gunung dengan tinggi 2.094 mdpl ini terletak di Dataran Tingi Karo dan termasuk dalam kawasan Taman Hutan Raya Bukit Barisan. Ada 3 jalur pendakian Gunung Sibayak yang bisa dipilih. Dari mana sajakah jalur-jalur ini?

3 Jalur Pendakian Gunung Sibayak

Setelah tiba di Berastagi, Anda bisa memilih satu dari 3 jalur yang tersedia untuk dinaiki. Berikut adalah perbedaan di antaranya.

  1. Desa Semangat Gunung

Jalur ini berada 15 km dari Berastagi. Pilihan jalur satu ini cocok untuk pemula dan memakan waktu 3 jam. Selain itu ada tempat penitipan motor dan penyewaan tenda.

  1. Desa Jarang Uda

Terletak 3 km dari Berastagi, pendakian lewat jalur ini bisa memakan waktu 2,5 jam. Jalur ini lebih populer di antara wisatawan asing.

  1. Jalur 54

Jalur satu ini adalah jalur tersulit dan cocok hanya bagi pendaki berpengalaman. Waktu yang dihabiskan bisa mencapai 6 jam. Nama 54 dikenal karena awal jalur ini terletak dekat batu penanda jarak 54 km dari Kota Medan.

Pemandangan di Puncak Sibayak.

Gunung Sibayak adalah gunung aktif. Jadi Anda bisa melihat kawah aktif yang mengeluarkan asap belerang. Dari Puncak Sibayak, Takal Kudu, Anda juga bisa melihat pemandangan Gunung Sinabung dan Berastagi. Ada juga Pemandian Lau Sidebuk-debuk di sebelah selatan Gunung Sibayak.